– TENTANG RIRI SATRIA

13226953_638594062975951_7565787775700165455_n
Menjadi pembahas pada acara diskusi buku “The New Confessions of an Economic Hitman” oleh John Perkins, diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta, 20 Mei 2016.

Saya lahir di Padang – Sumatera Barat, tanggal 14 Mei 1970. Menempuh pendidikan mulai dari TK sampai SMA di kota Padang (TK Angkasa Tabing, SD Negeri 80 di Purus Baru, SMP Negeri 2 di Bundo Kanduang, dan SMA Negeri 2 di Purus Atas). Setelah lulus SMA pada tahun 1988, lalu pindah ke Jakarta, untuk melanjutkan studi ke Program Studi Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Sekarang saya tinggal di Legenda Wisata Estate – Cileungsi / Gunung Puteri, Kabupaten Bogor, bersama isteri, Idrianita Anis (kami menikah tanggal 22 Desember 1995), serta dua anak, Muhammad Raihan Ekaputra (lahir di Jakarta tanggal 2 November 2000) dan Nadya Emirah Dwiputri (lahir di Jakarta tanggal 12 September 2003).

Sejak lahir, selama 18 tahun, saya tinggal di Padang, Sumatera Barat, lalu diikuti 7 tahun di Depok sejak mulai kuliah di Universitas Indonesia, kemudian 3 tahun di Jakarta, dan terakhir sudah 15 tahun di Kab. Bogor (sampai sekarang).

KEGIATAN PROFESIONAL SAAT INI :

Pada tanggal 4 Juli 2012, saya dan beberapa teman mendirikan VALUE ALIGNMENT ADVISORY (VA2) / PT. SOLUSI INOVASI DAYAGUNA. VA2 ini memberikan layanan profesional di bidang konsultasi, program pengembangan eksekutif dalam bentuk pelatihan, serta riset di bidang manajemen stratejik dan pemetaan strategi, manajemen kinerja berbasis balanced scorecard, pengembangan organisasi dan manajemen perubahan, strategi media sosial dan ekonomi kreatif, manajemen sistem / teknologi informasi, budaya dan sistem nilai organisasi, serta manajemen SDM stratejik

Mengapa kami beri nama Value Alignment? Kami percaya bahwa keberhasilan bisnis atau kinerja organisasi secara umum pada dasarnya ditentukan oleh kemampuan untuk menyelaraskan (alignment) berbagai nilai-nilai (value) yang berada di dalam sistem yang melingkupi bisnis itu sendiri. Menurut kami, terdapat setidaknya 5 (lima) nilai-nilai yang harus diselaraskan supaya perusahaan atau organisasi mampu mencapai kinerja yang tinggi, yaitu nilai-nilai individu para personelnya (individual value), nilai-nilai atau budaya organisasi (organization value), nilai atau harapan pelanggan (customer value), nilai-nilai atau harapan lingkungan seperti hukum, pemerintah, dan sebagainya (environment value), serta semua bermuara kepada nilai-nilai universal yang diyakini oleh manusia (universal value). Kami bersama klien berupaya bersama untuk menyelaraskan semua nilai-nilai tersebut demi kemajuan kinerja organisasi klien kami, baik bisnis maupun non-bisnis seperti institusi pemerintah.

13325743_643990572436300_7271583616340786184_n
Saya menjadi pembicara pada academic gathering yang diselenggarakan oleh Product Development Management and Association (PDMA) Indonesia chapter bekerja sama dengan PPM Manajemen, 2 Juni 2016. Topik yang saya bawakana adalah Digital Platform as Collaborative New Product Development Tools.

Dalam perjalanannya, Value Alignment Advisory melakukan spin-off sebanyak dua kali. Pada tahun 2014, berdiri VALUE ALIGNMENT LEARNING INSTITUTE (VALI) yang memfokuskan kepada jasa layanan human capital management meliputi human capital management consulting, serta training dan development termasuk outbound. Lalu pada tahun 2016, kami membuat VALUE ALIGNMENT INNOVATION AND TECHNOLOGY (VITECH) ADVISORY yang memfokuskan kepada jasa layanan konsultansi di bidang strategic information systems, enterprise architecture, IT master plan, IT governance, dan social media strategy. Ketiganya lalu kami satukan dalam wadah VALUE ALIGNMENT GROUP.

Silakan baca informasi lebih lanjut tentang VALUE ALIGNMENT GROUP di sini.

Screen Shot 2016-06-11 at 1.09.39 PM
Profil Value Alignment Group.


Menjadi salah satu pembicara pada Indonesia Knowledge Forum 2012 di Jakarta, saya membahas tentang Business Model in Digital / Network Economy.

30359_551486554868550_97880440_n
Menjadi narasumber tentang manajemen strategis dan kinerja berbasis balanced scorecard untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tahun 2012.

Sebagai seorang konsultan manajemen, saya beruntung memiliki banyak kesempatan memiliki akses kepada berbagai praktik manajemen di berbagai organisasi di Indonesia, baik pemerintahan maupun korporasi swasta. Saya tidak hanya berperan sebagai pengamat, bahkan juga terlibat secara langsung dalam proses pembenahan organisasi tersebut melalui berbagai bentuk kegiatan seperti pengembangan sistem, penelitian, pelatihan, dan sebagainya.

Untuk pemerintahan, saya pernah merasakan terlibat di Kepolisian Negara RI (sampai sekarang), Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Keuangan RI, Bank Indonesia, Lembaga Sandi Negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Riset dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

12095184_549876985180993_1240994717738216626_o
Menjadi salah satu pembicara pada Fifth International Project Management Symposium and Exhibition (SymEx) 2015 oleh Project Management Institute (PMI) – Indonesia Chapter bertempat di Novotel Bogor.

Sedangkan untuk dunia perusahaan atau korporasi, saya pernah terlibat sebagai konsultan di Bank Bukopin, Transportasi Gas Indonesia, Asuransi Jiwa InHealth, AJB Bumiputera 1912, Polytron, Cospar Sentosa Jaya, dan sebagainya.

pol56
Membawakan workshop tentang communication skill untuk para pimpinan dan manajer Polytron di Kudus, Jawa Tengah.

Salah satu penugasan yang paling menantang dalam perjalanan karir saya sebagai konsultan sejak tahun 1996 adalah saat dipercaya sebagai ketua tim konsultan untuk restrukturisasi serta pengembangan organisasi Kepolisian Negara RI (Polri). Menjadi konsultan di sebuah institusi pemerintahan tidak pernah terlintas dalam pikiran saya sebelumnya. Tetapi jalan hidup memang bisa berkata lain, saya justru terlibat dalam pembahasan isu sangat strategis pada sebuah institusi terbesar di negara ini, yaitu Polri. Berbagai isu restrukturisasi dibahas bersama tim dari Polri, yaitu desain struktur organisasi, job analysis dan job evaluation, workload analysis, standar kinerja, dan sebagainya. Hasilnya, struktur organisasi Polri yang baru sudah dikukuhkan melalui Peraturan Presiden No 52 tahun 2010.

Pada bulan April 2011, saya ditugaskan sebagai Anggota Tim Quality Assurance dalam Tim Reformasi Birokrasi Pusat Polri. Sejak awal tahun 2013, saya terlibat sebagai konsultan di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol).

Sejak tanggal 7 Mei 2015, saya mendapatkan penugasan sebagai Penasihat Ahli Polri bidang Manajemen Strategis, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi. Tugasnya adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada Pimpinan Polri sesuai dengan bidang keahliannya. Penasihat Ahli ini umumnya adalah para purnawirawan perwira tinggi Polri, akademisi, tokoh masyarakat serta konsultan yang diangkat oleh Pimpinan Polri.

sp00
Memberikan ceramah untuk pada peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri tahun 2014 tentang pelayanan publik.

Walaupun profesi utama saya adalah konsultan manajemen, tetapi saya merasa mendapatkan kepuasan batin apabila berada di kampus dan berbagai ilmu dengan para mahasiswa. Dengan demikian, sebagai kegiatan akademik, saya menjadi dosen pada Program Magister Teknologi Informasi – Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Indonesia, dan mengajar mata kuliah : Perencanaan Stratejik Sistem Informasi, Manajemen Perubahan dan Proyek TI, Manajemen dan Strategi Sistem Informasi Korporat, serta Metodologi Penelitian untuk Sistem Informasi. Saya kebagian topik-topik yang merupakan irisan antara dunia teknologi informasi, dunia manajerial, serta dunia sosial budaya.

Di samping itu, saya juga dosen tamu pada Program Magister Manajemen – Sekolah Tinggi Manajemen PPM, almamater saya yang kedua di mana saya menyelesaikan pendidikan S2 saya yaitu Magister Manajemen. Di sini, saya ikutan mengajar mata kuliah : Corporate Information System, Knowledge Management and Learning Organization, serta Organization Diagnosis and Strategic Management. Sekolah Tinggi Manajemen PPM ini adalah sekolah bisnis dan manajemen yang tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1967, sebelum saya lahir. PPM adalah penyelenggara program pascasarjana bidang manajemen dan bisnis yang pertama di Indonesia, yang secara umum mengadopsi pendekatan case-teaching method dikombinasikan dengan metode yang lain.

SGU RiriSejak bulan November tahun 2011, saya juga dipercaya untuk mengasuh kuliah Research Methodology pada Master of Information Technology Program, Swiss-German University (MIT-SGU). Kuliah ini juga menjadi cikal-bakal penulisan tesis untuk para mahasiswa di MIT-SGU. Saya mengundurkan diri dari MIT-SGU bulan Februari 2015.

Di samping MIT-SGU, saya juga pernah menjaid dosen untuk program Magister Akuntansi – Universitas Trisakti (2004-2007) serta program Magister Komputer – Universitas Budi Luhur (2004 – 2006).

Saat ini saya mendalami bidang manajemen stratejik, manajemen perubahan, pengembangan organisasi, budaya organisasi, organisasi pembelajar, pengembangan SDM berbasis kompetensi, serta aspek manajemen dan sosial budaya dari teknologi informasi, terutama hubungan aplikasi jejaring sosial di internet dengan pembentukan modal sosial dan strategi bisnis. Banyak pekerjaan saya, baik di dunia konsultasi, maupun dunia akademik, berkaitan dengan topik-topik tersebut. Kemudian untuk academic exercise, saya juga tertarik dengan kajian filsafat ilmu pengetahuan, system thinking terutama soft system methodology, serta interpretive epistemology.

Kumpulan judul publikasi ilmiah saya berupa makalah untuk konferensi di Indonesia maupun internasional serta artikel untuk refereed journal dapat dilihat di sini.

Saya juga menaruh minat tinggi terhadap dunia sastra terutama puisi. Puisi (atau karya sastra pada umumnya) dimulai dari suatu pengalaman batin yang dituangkan ke dalam tulisan yang menusuk kepada perasaan serta harus memiliki daya gugah yang tinggi supaya diapresiasi oleh pembacanya. Silakan baca tulisan dan aktivitas saya di dunia puisi pada blog Bingkai Kata-kata.

13256509_641538919348132_376125680094933017_n
Menjadi moderator pada acara diskusi buku antologi puisi “Memo Anti Terorisme” di Jakarta, 27 Mei 2016.

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN :

Saya menyelesaikan kuliah S1 dan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom) dengan bidang kekhususan sistem informasi dan human-computer interaction dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom-UI). Saya lulus bulan Januari 1994 dengan topik skripsi mengenai naming problems pada user interface design / human computer interaction. Skripsi saya tadi saya submit menjadi academic paper pada Kunming International Computer-Aided Software Engineering Symposium 1994 dan membawa saya mempresentasikannya pada simposium tersebut di Kunming City, RRC. Selama kuliah di Fasilkom-UI saya memang mendalami topik human-computer interaction ini, dan bahkan menjadi asisten dosen untuk mata kuliah tersebut. Mungkin inilah cikal-bakal atau tanda-tanda awal ketertarikan saya kepada aspek sosial-budaya dari teknologi informasi.

Setelah merasakan berkarir sebagai seorang konsultan di KPMG dan mulai banyak bersentuhan dengan dunia manajemen dan strategi bisnis, maka saya pun meneruskan kuliah pada program Magister Manajemen (MM) pada Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta. Saya lulus lulus Oktober 1999 dengan gelar MM, dan topik tesis saya adalah analisis penerapan pembelajaran jarak jauh berbasis internet (internet-based distance learning) untuk ilmu dan keterampilan manajemen. Tesis saya ini juga saya submit menjadi academic paper pada International Symposium on Educational Technology and Distance Learning 1999 dan membawa saya mempresentasikannya pada acara tersebut di Surabaya. Pada acara tersebut saya juga jadi moderator untuk beberapa sesi pembicara.

Setelah menjalankan bisnis sendiri (kantor konsultan manajemen), saya mengikuti program Doktor Manajemen Bisnis di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan bidang konsentrasi manajemen SDM dan perilaku organisasi. Karena berbagai hal sekolah saya di sini tidak selesai-selesai (sampai Kandidat Doktor), dan akhirnya saya memutuskan untuk non-aktif sejak tahun 2012😦

Untuk sertifikasi profesi, saya memiliki sertifikasi ACP (Accredited Competency Professional) untuk berprofesi sebagai konsultan manajemen SDM berbasis kompetensi dari SMR Learning and Development – Malaysia, diperoleh tahun 2005, dengan hasil ujian dengan grade A atau professional consultant level.

KEGIATAN PROFESIONAL SEBELUMNYA :

Karir saya dimulai sebagai asisten laboratorium pada Pusat Ilmu Komputer – Universitas Indonesia (1991 – 1993), serta asisten dosen untuk kuliah Human-Computer interaction dan Konsep Pemrograman pada Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Indonesia (1993 – 1994), serta asisten peneliti bidang human-computer interaction pada Pusat Ilmu Komputer – Universitas Indonesia (1994 – 1995).

Dari dunia akademik, saya pindah ke dunia praktik bisnis, bergabung dengan kantor konsultan KPMG (Klynvelt Peat Marwick Goerdeler) di Jakarta, sebagai staf konsultan teknologi informasi, dan tugas utama implementasi integrated business application software (1995 – 1996). Selama berkarir di KPMG inilah saya banyak belajar bagaimana seluk-beluk dunia konsultasi, terutama manajemen dan organisasi. Saya juga belajar bagaimana “modus operandi” konsultan manajemen besar dan ternama di dunia beroperasi, terutama proses melayani dan memecahkan persoalan klien. Sebagai akibat banyak berinteraksi dengan klien selama di KPMG dan tidak hanya menangani masalah teknis teknologi informasi, melainkan juga masalah manajemen dan organisasi, maka saya mulai tertarik kepada isu-isu manajemen dan organisasi. Saya tidak lama berkarir di KPMG, hanya sekitar 2 tahun, karena saya bermaksud untuk melanjutkan studi ke jenjang S2.

Pada tahun 1997, saya bergabung dengan Lembaga Manajemen PPM sebagai staf konsultansi dan training. Tugas saya adalah memberikan training / workshop dan konsultasi untuk berbagai bidang manajemen dan pengembangan organisasi. Mulai tahun 2000 mulai mengajar / sebagai dosen tetap di program Magister Manajemen – Sekolah Tinggi Manajemen PPM untuk mata kuliah Corporate Information System, Strategic Technology Management (mata kuliah ini sudah dihapus), Knowledge Management and Learning Organization, Change Management, serta Organization Diagnosis and Strategic Management.

Pada tahun 2004, saya resign dari Lembaga Manajemen PPM dengan jabatan terakhir sebagai knowledge manager, dan status pun berubah menjadi dosen tamu pada Sekolah Tinggi Manajemen PPM. Pada tahun 2004 itu juga kembali ke kampus Universitas Indonesia sebagai Kepala Divisi Konsultansi PT. Daya Makara UI (Makara UI Consulting), sebuah perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Universitas Indonesia.

Pada tahun 2005, saya resign dari PT. Daya Makara, dan tahun 2005 adalah terakhir kali bekerja sebagai karyawan. Mulai akhir tahun 2005, memasuki fase baru sebagai enterpreneur di bidang konsultansi (you may say knowledge entrepreneur lah …). Setelah bekerja sebagai konsultan freelance selama beberapa waktu, sampai tahun 2007.

Pada tahun 2007, bersama beberapa teman saya mendirikan dan kemudian menjabat Direktur Konsultansi / Chief Consulting Officer pada People Performance Consulting, sebuah perusahaan jasa konsultansi dan training di bidang manajemen stratejik, balanced scorecard, pengembangan organisasi, sistem nilai dan budaya organisasi, manajemen kinerja, manajemen perubahan organisasi, pengembangan SDM berbasis kompetensi, aspek manajerial dan sosial budaya teknologi informasi, serta soft skills development. People Performance Consulting resmi ditutup pada bulan Juli 2012 dan setelah itu lahirlah Value Alignment Advisory atau VA2.

————-