BATIK

BATIK PAPUA

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Saya adalah pengguna batik yang agak fanatik. Pada aktivitas sehari-hari seperti mengajar, menjadi pembicara seminar, memberikanworkshop, serta rapat di klien, saya memakai kemeja batik daripada “pakaian resmi profesional” yaitu kemeja, jas, dan dasi.

Mege-mendung-Biru

Ada beberapa alasan mengapa saya lebih menyenangi batik :

Pertama, Indonesia adalah negara tropis, sehingga kita membutuhkan pakaian yang sesuai dengan kondisi tropis, dan batik katun lengan pendek adalah pakaian yang pas untuk itu, tanpa kehilangan nuansa formalnya atau resminya. Untuk suasana malam, kita bisa memakai batik lengan panjang. Buat saya, agak aneh rasanya pada siang hari yang terik di negara tropis ini kita memakai kemeja lengan panjang lengkap dengan jas dan dasi (di mana menurut saya cocok untuk daerah yang dingin).

Kedua, batik adalah ikon atau ciri khas Indonesia, sehingga dengan memakai batik, saya merasa lebih mengekspresikan status ke-Indonesia-an saya, dan saya pun bangga memakainya. Bahkan dalam beberapa acara bernuansa internasional pun saya memilih untuk memakai batik, kecuali kalau dress-conduct acara tersebut diatur sedemikian rupa.

Ketiga, batik itu pakaian yang sangat fleksibel, bisa dibuat menjadi sangat resmi, bisa juga menjadi pakaian santai, tergantung kepada corak dan model pakaiannya. Ada batik untuk aktivitas sangat resmi, ada juga yang untuk acara resepsi, ada juga yang setengah resmi, serta ada juga yang untuk aktivitas santai.

Selamat Hari Batik Nasional.

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

