[FOTO] JAFFA – KOTA MAYORITAS MUSLIM DI ISRAEL

Ini adalah kota Jaffa, atau ada yang menyebutnya Yafo atau Japho, sebuah kota yang mayoritas penduduknya Muslim terletak persis di selatan kota Tel-Aviv, ibukota Israel. Kota Jaffa dan Tev-Aviv berdempetan, mirip dengan Jakarta dan Depok. Jaffa dan Tel-Aviv terletak di pantai Laut Tengah atau Mediterania.

Awalnya di kota ini dihuni oleh masyarakat Arab-Muslim. Pada tahun 1948, gerakan Zionis mengakuisisi kota Jaffa yang menjadikannya bagian dari negara Israel. Walaupun begitu, sampai saat ini (setidaknya sampai April 2014 saya ke sana), mayoritas penduduk kota ini adalah Arab-Muslim. Hal ini ditandai dengan banyaknya masjid di kota ini.

Di sini terdapat masjid yang cukup besar yaitu Al-Mahmoudia yang dibangun tahun 1812 melengkapi masjid tertua di kota ini yaitu Al-Bahrl. Masjid raya di kota Jaffa ini adalah Nouzha yang terletak di Jerusalem Boulevard.

Kota ini dapat dicapai dalam satu jam dengan jalan darat menggunakan mobil atau bus dari Jerusalem. Jalan tol yang menghubungkan Jerusalem dan Jaffa / Tel-Aviv sangat bagus dan mulus. Separuh dari perjalanan melewati daerah kering dan tandus. Lalu, jika kita menelusuri pantai Laut Tengah dari kota Jaffa ke arah Selatan maka akan sampai di Jalur Gaza dan perbatasan Mesir.

Ini adalah kota Jaffa yang terekam di lensa kamera saya saat berkesempatan mengunjunginya setahun yang lalu, April 2014.

TA01

ta62

ta53

ta49

ta41

ta40

ta34

ta33

ta32

ta21

ta20

ta19

ta18

ta17

ta14

Ta12

ta11

TA10

ta09

TA08

TA06

TA05

TA04

TA03

ta56

TA02

ta64

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s