KILAS BALIK SAYA DI TAHUN 2013

Tulisan ini dibuat pada hari pertama di tahun 2014. Pada suasana tahun baru ini, saya juga ingin menuliskan kilas balik yang saya lalui selama tahun 2013 yang sudah berlalu. Kilas balik ini saya tulis untuk menjadi bahan kontemplasi mengenai perjalanan hidup. Pada awal tahun 2013 dulu pun saya menulis kilas balik saya pada tahun 2012.

Kilas balik ini dibuat untuk menjadi suatu personal history buat diri saya sendiri, dan juga sebagai evaluasi diri terhadap milestone yang sudah dilewati dalam dimensi kehidupan, yaitu karir, sosial, dan tentu saja keluarga.

Ternyata tahun 2013 ditandai banyak hal yang pertama kali terjadi dalam hidup saya .. Ini ringkasannya ..

ap12Awal tahun 2013 ditandai dengan kesibukan berkaitan dengan kepolisian. Dimulai dengan mengunjungi mengunjungi kampus Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang (03/01/2013) . Saya ke sana dalam rangka memenuhi undangan untuk menghadiri pelatikan Gubernur Akpol yang baru yaitu Irjen Pol. Eko Hadi Sutedjo, yang sebelumnya adalah Kapolda Banten. Ini adalah pertama kalinya saya masuk ke dalam lingkungan kampus Akpol ini. Selain itu, saya juga ingin melihat dari dekat bagaimana sistem pendidikan berjalan di Akpol ini, sebagai suatu sekolah profesi pembentukan untuk para perwira polisi. Ini pertama kalinya saya mengunjungi Kampus Akpol dan melihat dari dekat proses pendidikan di sana, serta bagaimana proses pembinaan dilakukan.

lemdik01Setelah dari kunjungan di kampus Akpol, selama tiga hari (07-09 Januari 2013) saya mengikuti Rapat Koordinasi Lembaga Pendidikan Polri. Rapat ini diikuti oleh semua kepala sekolah di lingkungan Polri seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim), Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa), Sekolah Pendidikan Khusus Kejahatan Transnasional (Diksusjatrans), Sekolah Polisi Negara (SPN) di lingkungan Polda se-Indonesia, serta Pusat Pendidikan bidang keahlian tertentu di Polri. Tentu saja tidak ketinggalan para perwira tinggi dan perwira menengah di lingkungan pendidikan di Polri. Pada rapat ini dibahas berbagai isu strategis mengenai pendidikan kepolisian di Indonesia, tentu saja di lingkungan Polri. Ini juga pertama kali saya mengikuti Rakor Lembaga Pendidikan di Polri.

rapim10Kemudian, masih ada bulan Januari 2013, saya mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) Polri bertempat di kampus STIK-PTIK (28-31 januari 2013). Nah kalau yang ini adalah Rapim Polri yang ketiga yang saya ikuti, bukan yang pertama kali. Status resmi saya pada ketiga Rapim Polri tersebut adalah sebagai peninjau atau pengamat, tetapi pada praktiknya peran itu lebih banyak sebagai konsultan yang memberikan berbagai masukan mengenai Polri, terutama dalam aspek pengembangan organisasi. Saya banyak melakukan berbagai analisis berkaitan dengan Polri, tetapi tentu tidak banyak yang berkaitan dengan substansi kepolisian, melainkan dari aspek pendukung seperti organisasi, manajemen SDM, sosial kemasyarakatan, dan sebagainya.

judul okeSaya memang cukup sering menulis, tetapi awal Februari 2013, untuk pertama kalinya tulisan saya dipublikasikan oleh Majalah Esquire Majalah Esquire Indonesia Edisi Februari 2013 halaman 72 – 74. Ringkasnya, prediksi pertumbuhan ekonomi itu pun meninggalkan kegalauan. Berapakah prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2013? Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pelaku bisnis tetapi tentu tidak mudah untuk menjawabnya. Melalui berbagai media kita mengetahui bahwa pemerintah mentargetkan pertumbuhan ekonomi yang berkisar antara 6,3% sampai 6,8%. Sementara itu Bank Indonesia (BI) memperkirakan angka pertumbuhan tersebut sekitar 6,5%, dan di sisi lain International Monetary Found (IMF) memperkirakan pertumbuhan itu sekitar 6,3%. Realitanya ternyata tidak begitu jauh dari yang diprediksi tersebut.

wisuda1Pada tanggal 7 Februari 2013 dilaksanakan wisuda di kampus Universitas Indonesia. Di antara para wisudawan terdapat 12 mahasiswa bimbingan saya yang lulus pada program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (MTI-UI). Selamat untuk Sofandre Sya’banu, Imam Maliki, Andi Hartanto, Atikah Wulandari, Deni Wardani, M. Nur Ali, Nur Fadli, Girindra Wardhana, Aditya Tri Laksmana, Hendra Gunawan, Pekik Indra Lesmana, dan Denny Kurniawan, serta seluruh para wisudawan lainnya. Nah, ini juga bukan pertama kalinya mahasiswa bimbingan saya diwisuda.

Riri and IidTahun 2013 juga menjadi sejarah buat hidup saya karena sudah 25 tahun saya mengenal sosok Idrianita Anis dari dekat, dan sekarang menjadi isteri saya untuk menempuh jalan hidup bersama. Ya, pada tanggal 14 Februari 1988 adalah awalnya kami mencoba untuk saling kenal lebih dekat alias pacaran .. hehehe .. We are not celeberating the valentine’s day, but still February 14 is our love day that we will never forget, and it’ all about love ..

dove7Tahun 2013 juga ditandai dengan untuk pertama kalinya saya saya berkenalan dengan sebuah komunitas sastra di Indonesia, yaitu dengan beberapa penyair yang tergabung dalam komunitas Dapur Sastra Jakarta. Saya diajak oleh sahabat saya si Merpati Liar alias Wild Dove alias Ling ngumpul dengan mereka tanggal 3 Maret 2013. Saat itu, komunitas ini baru saja menerbitkan buku yang berjudul “Kumpulan Puisi Pinangan: Karya 35 Penulis dari Dapur Sastra Jakarta”. Satu hal yang saya amati dari para penyair ini, mereka terlihat sangat menikmati hidup dan penuh kegembiraan, walaupun menyimpan kegelisahan mengenai berbagai hal terutama sosial kemasyarakatan. Kegelisahan itulah yang umumnya mereka tuangkan ke dalam tulisan-tulisan, baik dalam bentuk prosa maupun puisi, dengan maksud supaya bisa menggugah para pembicanya mengenai berbagai realitas sosial yang terjadi. Sampai saat ini bang Remmy Novaris, seorang penyair senior dari komunitas pun masih menjadi sahabat diskusi saya, terutama lewat media sosial.

Mas Yos 2Perjalanan hidup ini memang penuh dengan ketidakterdugaan. Secara tak sengaja saya bertemu dengan seorang pelukis bernama Mas Yos Soesilo untuk pertama kalinya di Pasar Seni Ancol. Saya dikenalkan dengan beliau lagi-lagi oleh sahabat saya si Merpati Liar. Ngobrol dengan Mas Yos memang mengasyikkan, terutama buat saya yang notabene bukan orang yang berkecimpung di dunia seni. Obrolan sore itu menambah wawasan saya tentang dunia seni, dan disampaikan oleh para pelaku seni itu sendiri. Mas Yos menjelaskan bahwa sebuah lukisan itu lahir dimulai dari imaginasi di otak, lalu diteruskan ke batin yang ada di hati, dan kemudian meneruskan ke tangan untuk menjalankannya. Tiga proses itu harus dilewati, supaya seseorang itu bisa dikatakan seniman lukis. Tetapi jika hanya imaginasi tanpa hati, maka itu hanyalah tukang lukis. Ketajaman karya seniman itu terketak di kekayaan batin dan hati, dan itulah yang memberikan roh dan pemaknaan kepada suatu hasil karya seni. Nah, belakangan, beberapa bulan setelah itu, anak kedua saya Nadya yang menaruh minat terhadap seni rupa pun akhirnya berguru kepada Mas Yos ini.

bt02Tahun 2013, pertama kalinya saya mengunjungi Pulau Belitung, bersama dengan keluarga dan rombongan dari keluarga besar Jurusan Akuntansi FE Universitas Trisakti (15-17 Maret 2013). Sebenarnya tidak banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di Belitung Timur, tetapi setidaknya ada satu hal yang menarik perhatian saya. Di Desa Gantong – Belitung Timur, terdapat Museum Kata Andrea Hirata, sang penulis kisah Laskar Pelangi yang sudah difilmkan beberapa tahun yang lalu. Di sana terdapat banyak artefak yang berkaitan dengan kisah Laskar Pelangi ini, dan itulah yang sampai saat ini menjadi daya pikat Belitung Timur. Tetapi wisata yang menarik di sini adalah tour de islands, yaitu mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, serta telaga tambang kaolin yang unik.

manops13Pada tahun 2013, pertama kalinya saya mengikuti acara reuni grup ManOps PPM. Salah satu tempat di mana saya berkarir cukup lama adalah di Lembaga Manajemen PPM, sebuah lembaga manajemen tertua di Indonesia. Saya mulai bekerja di sini pada tahun 1997 sampai dengan tahun 2004. Selama di PPM, saya tergabung ke grup Manajemen Operasi dan Decision Science yang sering disingkat ManOps. Sementara berbagai penugasan yang pernah saya alami adalah sebagai Asisten Kepala Divisi Inhouse Training dan Konsutansi, lalu pejabat sementara Divisi Inhouse Training (konsultasi dipisah menjadi suatu divisi sendiri), dan terakhir sebagai Kepala Knowledge Management yang membawahi Pusat Teknologi Informasi dan Pusat Informasi (Perpustakaan). Jum’at siang, 22 Maret 2013, gerombolan sendok merah alias ManOps ini kembali berkumpul di Resto Nababan Tei, tempat kami sering ngumpul dulu. Pada acara inilah Bu Kirti Peniwati memberi tahu saya tentang acara ISAHP (International Symposium on Analytic Hierarchy Process), pada bulan Juni 2013 di Kuala Lumpur, dan akhirnya saya pun hadir pada acara tersebut.

IMG_6516Siapapun pasti akan merasa sangat bahagia jika orang-orang yang dicintai (entah itu orang tua, anak, isteri/suami) berhasil mencapai suatu prestasi tertentu di bidang apapun. Rasanya aneh kalau tidak ada yang bangga. Kali ini, saya sangat bangga sebagai suami, karena isteri saya, Iid mencatat suatu pencapaian baru dalam karirnya. Untuk pertama kalinya makalah akademik yang dia buat diterima dan dipresentasikan dalam suatu konferensi internasional, yaitu IBEA 2013 – International Conference on Business, Economics, and Accounting, di Bangkok – Thailand, 20-23 Maret 2013. Dalam dunia akademik, mungkin ini adalah hal yang biasa jika seorang dosen berhasil mempresentasikan makalahnya di sebuah konferensi internasional (bahkan merupakan suatu keharusan untuk sebuah karir akademik). Tetapi buat saya, tetap saja apa yang dicapai Iid ini membanggakan.

JTV02Tanggal 26 Maret 2013, untuk pertama kalinya saya muncul pada sebuah acara talkshow di televisi, yaitu JakTV yang berjudul “Galeri Publik”. Topik yang dibahas kali ini adalah virtual office, mobile workers, dan efisiensi kerja. Acara ini berbentuk interactive talkshow, di mana para pemirsa televisi bisa menelepon dan berinteraksi langsung dengan para narasumber. Narasumber yang mengisi acara talkshow ini adalah Asep Effendi (seorang pengamat ekonomi kreatif), Dinni (pengelola sebuah virtual office provider), dan saya sendiri. Acara dipandu oleh William dari JakTV, dan berlangsung dari jam 15:30 sampai 16:30.

r28Pada tahun 2013, ternyata sudah 25 tahun saya meninggalkan bangku SMA, tepatnya SMA Negeri 2 Padang. Saya lulus pada tahun 1988. Tanggal 29 Maret 2013 acara Reuni Perak 25 tahun Alumni SMA Negeri 2 Padang angkatan lulusan 1988 pun terlaksana dengan baik, penuh makna, dan suasana hangat serta semarak dunia SMA pun terulang kembali. Ini pertama kalinya kami melaksanakan acara reuni besar-besaran. Secara resmi, acara dilakukan di dua tempat. Pertama, di sekolah kami, SMA Negeri 2 Padang mulai dari pagi sampai sore, lalu dilanjutkan malam sampai lewat tengah malam bertempat di Aliga Hotel Padang. Saya sangat menikmati acara ini. Saya bertemu lagi dengan guru-guru yang mengajar waktu kami di SMA dulu. Banyak diantara mereka sudah pensiun, sebagian lagi masih aktif mengajar sampai hari ini. Begitu juga dengan kawan-kawan sesama alumni, banyak sekali yang baru saya temui lagi pada saat acara reuni setelah kami meninggalkan SMA Negeri 2 Padang 25 tahun yang lalu. Nah, sekedar info, di sekolah inilah saya pertama kali berkenalan dengan Idrianita yang sekarang jadi isteri saya.

r14
Di sekolah inilah kami ketemu pertama kali 26 tahun yang lalu …

Slide01Pada tahun 2013 ini, saya ikut mengasuh kuliah Corporate-Level Strategy (Strategi Tingkat Korporat) pada program Magister Manajemen (MM) Sekolah Tinggi Manajemen PPM. Ini adalah pertama kalinya kuliah ini diselenggarakan di MM-PPM, dan dimulai pada kelas MM Eksekutif angkatan 51. Kuliah ini berbeda dengan kuliah Organization Diagnosis and Strategic Management (ODSM) yang juga saya ikut asuh di MM-PPM. Kuliah ODSM membahas strategi tingkat unit bisnis yang sering juga disebut dengan istilah business-level strategy atau competitive strategy. Jadi ini adalah kuliah baru dan pertama kalinya diajarkan di MM-PPM. Kuliah Corporate Level Strategy terdiri dari tiga segmen utama, yaitu strategi portfolio, strategi pengelolaan anak perusahaan (parenting strategy) dan balanced scorecard tingkat korporat. Saya kebagian sesi balanced scorecard tingkat korporat yang terdiri dari strategy-focused organization, strategic alignment dengan balanced scorecard, dan tentu saja corporate strategy execution. Sebelum masuk ke topik utama tersebut, saya melakukan review terhadap analisis dan strategi portfolio serta parenting strategy, karena kedua konsep ini akan menjadi dasar untuk penyusunan balanced scorecard tingkat korporat.

pc32Tahun 2013, tepatnya tanggal 8 April 2013, untuk pertama kalinya kedua anak saya, Raihan dan Nadya manggung dalam sebuah grup band. Mereka tampil dengan Band The ADSORIAN, bentukan Ahmad Dhani School of Rock, di Plaza Cibubur. Raihan (drum) dan Nadya (piano/keyboard) dan The Junior ADSORIAN (serta ditemani guru musik mereka, Cakra, yang main bass) tampil membawakan lagu Payphone (Maroon-5). Pada kesempatan ini juga Raihan tampil duet jamming dengan drum bersama drummer Kerispatih, Anton. Pada penampilan perdana ini, Raihan dan Nadya masih agak canggung. Tetapi kondisinya sangat jauh berbeda dengan penampilan kedua mereka pada bulan November tahun 2013, terutama Raihan sudah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat.

Pada bulan Mei 2013, saya pertama kalinya sakit demam berdarah dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina selama seminggu. Trombosit sempat drop sampai angka 38 ribu di mana batas normal itu adalah 150 ribu. Setelah pulang dari rumah sakit, saya masih harus menjalani masa pemulihan selama sebulan lebih. Pekerjaan sudah menunggu di luar sana. Mahasiswa sudah menunggu di kampus. Klien juga sudah menunggu berbagai lanjutan pekerjaan. Tetapi begitulah, ternyata saya “diharuskan” menikmati suasana rumah lebih lama, berkontemplasi lebih banyak, dan sejenak melupakan semua akivitas tersebut. Saya punya kesempatan memahami rumah saya sendiri lebih lama, menata ini dan itu terutama di halaman, juga jalan kaki pagi keliling kompleks perumahan, punya waktu lebih banyak dengan anak-anak, memotret dan menikmati matahari pagi, dan sebagainya. Meminjam istilah anak saya, “Papa harus di-charge dulu ..“. Akibat sakit ini saya kehilangan kesempatan hadir pada acara ASEAN Blogger Festival di Solo (karena saat itu saya masih diopname) dan hanya hadir pada acara pre-conference.

manut5Pada awal Juni 2013, saya menjadi narasumber / instruktur pada Pelatihan Manajemen Utama Lanjutan “Great Leader – Great Result” untuk AJB Bumiputera 1912 di Puteri Gunung Hotel – Lembang, Bandung. Pelatihan ini berlangsung selama seminggu dan diikuti oleh semua kepala wilayah AJB Bumiputera 1912 se-Indonesia. Saya kebagian sesi senin pagi kemarin dengan topik “Corporate Management and Business Model” yang membahas corporate agency theory, conflict of interest, the corporate governance, corporate management systems, serta business model. Ringkasnya, topik yang saya bawakan membahas bahwa menurut agency theory, maka sebuah korporasi memiliki agen-agen dengan kepentingan yang berbeda dan berpotensi untuk membentuk konflik. Dengan demikian diperlukan suatu good corporate governance yang merupakan kesepakatan yang tertulis dan tunduk kepada hukum di antara agen-agen di dalam korporasi. Kesepakatan tersebut harus dituangkan kepada suatu sistem manajemen korporasi yang komprehensif di dalam korporasi tersebut. Penyusunan sistem manajemen korporasi tersebut tidak akan pernah bisa terwujud dengan baik, apabila kita tidak memahami business model korporasi. Sesuai dengan prinsip systems theory, maka keberadaan sistem manajemen korporasi yang baik akan mendorong terciptanya transformasi kultural di dalam korporasi. Nah, ini bukan pertama kalinya saya menjadi nara sumber di AJB Bumiputera 1912.

xojk01Pada awal tahun 2014 ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI akan menjalankan tugasnya secara penuh. Nah, pada tahun 2013 yang lalu, saya untuk pertama kalinya diundang oleh OJK yang baru terbentuk untuk menjadi narasumber / pembicara pada rapat / seminar tentang balanced scorecard, strategy-focused organization, dan execution premium untuk para KPI Managers Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, bertempat di Conrad Hotel and Resort – Nusa Dua Bali. Acara ini diikuti oleh para KPI Managers yang ada di lingkungan OJK RI.

vahp1Sudah lama saya tidak menjadi penyaji makalah pada sebuah konferensi akademik tingkat internasional. Terakhir saya menjadi pembicara pada tahun 2003, sepuluh tahun sebelumnya! Padahal sebelumnya saya cukup sering menjadi penyaji makalah pada konferensi akademik seperti ini, bahkan penelitian untuk skripsi S1 saya di Fakultas Ilmu Komputer UI pada tahun 1994 berhasil masuk ke dalam Kunming International Computer-Assisted Software Engineering Symposium 1994 di Kunming, RRC, dan saya pun hadir di acara tersebut sebagai peserta termuda yang baru lulus kuliah .. Nah, pada bulan Juni 2013, saya pertama kalinya berkesempatan menjadi penyaji makalah pada International Symposium on Analytic Hierarchy Process (ISAHP) 2013 in Kuala Lumpur, Malaysia (23-26 June 2013), sebuah forum internasional yang membahas aspek teori dan praktik dari Analytic Hierarchy Process (AHP) serta kembangannya yang terakhir, Analytic Network Process (ANP). Acara ini dilaksanakan di Hotel Istana, tidak jauh dari Kuala Lumpur City Center (KLCC), dan panitia lokal adalah International Islamic University of Malaysia (IIUM). Pada forum tersebut, saya juga menyajikan makalah yang berjudul “Change Management Strategy Development in IS/IT using AHP” yang merupakan suatu hasil kolaborasi antara saya dengan para mahasiswa bimbingan saya di program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (MTI-UI).

pu218
Bersama keluarga di Phi-Phi Islands, Phuket – Thailand.

Setelah ISAHP 2013 ini, saya pun berkesempatan jalan-jalan bersama keluarga bersama-sama untuk pertama kalinya ke Kuala Lumpur, Phuket, dan Bangkok.

KKP1Tanggal 1 Juli 2013 akan dicatat sebagai salah satu hari yang bersejarah pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, karena pada tanggal itulah KKP RI pertama kalinya secara resmi memulai penerapan sistem manajemen kinerja berbasis balanced scorecard (BSC). Ini juga hari yang membahagiakan buat kami para tim konsultan dari Value Alignment Advisory (VA2) sebagai konsultan untuk KKP RI, karena apa yang dimulai sejak bulan Desember 2012 yang lalu sekarang sudah terwujud. Kami bersama-sama dengan tim SMO (strategy management office) KKP RI berhasil mewujudkan BSC untuk tingkat menteri sampai dengan eselon IV dan individu. Sebuah perjalanan panjang yang melelahkan tetapi berakhir dengan manis. Pada tanggal 1 Juni 2013, melalui suatu rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri KP RI, Bapak Sharif. C. Sutardjo, telah dilakukan penandatanganan kontak kinerja pada pejabat eselon I yang merupakan cascading dari target kinerja menteri. Selanjutnya hal yang sama akan dilakukan sampai dengan pejabat eselon IV di KKP RI. Pak Menteri berharap kinerja KKP RI akan membaik di masa mendatang dengan diterapkannya sistem manajemen kinerja berbasis BSC ini.

sp00Bulan Juli 2013, saya pertama kalinya diundang untuk memberikan ceramah untuk diskusi kepada para peserta pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri – Reguler angkatan 22 tahun 2013 di Polda Metro Jaya (25/07/2013). Nara sumber lainnya adalah Mirawati Sudjono (Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) yang mewakili Menteri, serta Kombes Pol. Chysnanda Dwi Laksana (Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya) mewakili Kapolda Metro Jaya. Topik yang saya bawakan berkaitan dengan Public Service Organization (PSO) dalam konteks Polri. Saya juga membahas mengenai konsep pelayanan publik dalam birokrasi, serta bagaimana menggunakan pendekatan systems thinking dalam menyusun manajemen perubahan untuk menuju pelayanan prima di Polri.

sunan04Setelah biasanya hanya menyaksikan lewat media, akhirnya pada bulan Juli 2013 untuk pertama kalinya saya berkesempatan mengunjungi Mesjid Menara Kudus yang sangat bersejarah. Mesjid ini menggunakan arsitektur bernuansa Hindu pada beberapa bagiannya, karena saat mesjid ini dibangun, di wilayah tersebut masih banyak pemeluk agama Hindu. Alasan ini juga yang menyebabkan di Kudus banyak ditemui menu makanan yang menggunakan daging kerbau, bukan daging sapi. Saya sangat beruntung bisa mengunjungi mesjid ini, karena sesungguhnya saya sudah lama membaca mengenai keunikan mesjid ini lewat buku-buku pelajaran sejarah sejak SD dulu, tetapi baru sekarang bisa melihatnya secara langsung. Sayang sekali, saat saya ke sana, Menara Kudus sedang direnovasi, tetapi saya tetap bisa menikmati keindahannya. Sebagai mesjid, tentu saja bangunan ini memberikan nuansa spiritual yang tinggi. Tetapi selain itu, bangunan ini juga memberikan nuansa harmoni dalam kehidupan sosial masyarakat di wilayah itu.

Pada tanggal 17 Agustus 2013, untuk pertama kalinya puisi saya yang berjudul “Bagiku Merdeka Itu … ” dibacakan pada sebuah radio, tepatnya oleh RRI Semarang oleh Kumandang Sastra Semarang (KUSAS) pada acara Apresiasi Sastra. Saya mendapatkan kehormatan karena karya saya itu dibacakan oleh Mas Driya Widiana MS, seorang penyair senior sekaligus pengasuh acara tersebut. Terima kasih untuk Mas Didiek (Driya) serta seluruh komunitas KUSAS.

Apakah saat-saat yang membahagiakan sekaligus mengharukan bagi seorang dosen? Kalau buat saya adalah saat menyaksikan acara wisuda para mahasiswa yang sudah lulus dari perkuliahan di kampus. Ya, menyaksikan mereka yang penuh senyum bahagia dan sumringah juga membuat saya bahagia. Tanggal 29 Agustus 2013, kembali saya menghadiri acara Wisuda di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom-UI), baik untuk program sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2 dan S3). Jumlah total wisudawan di Fasilkom-UI kali ini sekitar 300 orang, di mana 68 orang diantaranya berasal dari program Magister Teknologi Informasi atau MTI-UI. Dari 68 lulusan MTI-UI itu, 13 orang diantaranya menulis karya akhir S2-nya di bawah supervisi saya. Saya mengucapkan selamat kepada Hendra Eka Permana, Paryono, Nila Prawitasari Kristyaningrum, Sukma Indar Kurniawan, Arry Lazuardi, Wilson Sihombing, Anwar Fuadi, Anang Syarifudin Aminsyah, Rangga Cipta Pratama, Yatna Supriatna, Ari Brahmadi, Sonya R. Manalu, serta Ismail Radiansyah Siregar, dan tentu saja para wisudawan semua. Nah, ini juga bukan pertama kali .. hehehe ..

Ubud01Pada tahun 2013 ini, untuk pertama kalinya saya mengikuti acara Ubud Writers and Readers Festival 2013 atau #UWRF2013. Goenawan Mohamad pada pidato pembukaannya mengatakan bahwa mungkin pada awalnya pada yang sinis bahwa acara ini bukanlah sebuah acara yang serius, melainkan hanya acara wisata yang bertujuan untuk mendatangkan turis-turis dari Australia. Mungkin tidak salah juga pada awalnya, karena acara ini digagas oleh Janet DeNeefe setelah peristiwa bom bali yang pertama, di mana kehidupan wisata Bali jatuh ke titik paling rendah. Dengan demikian, perlu suatu terobosan kreatif yang mampu menjelaskan kepada dunia bahwa sebenarnya Bali itu aman. Maka cara yang paling mudah untuk menjelaskan itu adalah dengan menghadirkan para “juru bicara dunia” yaitu para penulis ke pulau Bali. Tahun demi tahun acara ini berkembang dan akhirnya menjadi ajang tahunan untuk para penulis-penulis dunia dan para pembacanya sambil menikmati suasana Ubud – Bali. Ini juga sejalan dengan visi Ubud, yaitu membangun keunggulan sebagai kota seni dan budaya di Bali.

2013-10-27 14.33.14Tahun 2013, pertama kalinya saya membuat sebuah lukisan. Bagaimana ceritanya saya sampai ikutan melukis? Ini karena anak cantik saya, Nadya, yang kebetulan punya minat terhadap seni lukis menantang saya, apakah saya juga bisa melukis. Tadi siang (27/10/2013) tantangan Nadya saja jawab, dan dalam waktu tiga jam lahirlah lukisan bunga ini walau berukuran kecil, hanya 60cm x 40cm, dan saya berikan ke Nadya. Akhirnya Nadya takjub juga, ternyata papanya bisa melukis walaupun sangat amatiran .. hehehe…

pc07aPada tahun 2013 ini kedua anak saya menunjukkan minat mereka lebih serius. Raihan, semakin matang memainkan drum dan sudah mampu memainkan lagu-lagu yang rumit. Untuk ekdua kalinya, mereka manggung di Plaza Cibubur. Jika pada penampilan bulan April 2013 Raihan dan Nadya tampil dalam satu grup band siswa-siswi ADSOR dan memainkan lagu “Payphone” dari Maroon-5, pada pada kali ini (24 November) mereka tampil terpisah. Nadya tetap tampil dalam grup dan main piano dengan lagu “As Long as You Love Me” Justien Bieber. Sedangkan Raihan tampil dua kali. Pertama sebagai peserta lomba solo drum, dia tampil membawakan lagu “Enter Sandman” Metallica, dan kedua sebagai penampilan solo drum siswa ADSOR dan membawakan “Bat Country” Avenged Sevenfold. Khusus untuk Raihan, kemampuan drumming dia memang mengalami kemajuan yang pesat. Dia bahkan memperoleh nilai yang cukup tinggi sewaktu ujian kenaikan tingkat di ADSOR beberapa waktu yang lalu. Saya terkesima melihat dia tampil membawakan lagu “Bat Country” di mana dia bisa tampil rileks dan lepas. Sedikit agak berbeda saat dia membawakan lagi “Enter Sandman”, dia terlihat agak grogi dan ini mungkin disebabkan karena dalam rangka lomba, ada sedikit beban. Tetapi secara keseluruhan, penampilan Raihan sangat memuaskan. Saat ini Raihan pun berminat untuk mempelajari instrumen lainnya, yaitu bass dan gitar. Ini untuk pertama kalinya Raihan tampil solo sebagai drummer di depan publik.

sn18Jika kemampuan bermusik Raihan mengalami kemajuan pesat, maka Nadya juga menunjukkan kemampuan yang pesat dalam melukis. Sejak berguru kepada seorang pelukis senior, Mas Yos Soesilo, maka semakin hari kemampuan melukisnya juga semakin meningkat. Bahkan hari Minggu tanggal 03 November 2013, untuk pertama kalinya Nadya tampil melukis di depan publik, yaitu di Festival Pasar Seni Jakarta 2013. Nadya diajak tampil oleh guru lukisnya, mas Yos. Berbagai atraksi dan produk seni ditampilkan di sini. Ini pengalaman yang sangat berharga buat Nadya untuk tampil melukis disaksikan oleh publik.

cpl04Tahun 2013, saya tutup dengan suatu kegiatan yang menarik, dimana saya dan isteri pertama kalinya tampil pada satu acara workshop sebagai pemandu secara bersamaan (saya sebagai ketua tim dan Iid sebagai anggota). Pada tanggal 12-13 November 2013 yang lalu, saya dan tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2), di mana Iid adalahs alah satu anggota tim, mendapatkan kepercayaan untuk memandu workshop dua hari tentang Manajemen Kinerja Berbasis Balanced Scorecard untuk Bank Indonesia. Acara ini berlangsung di Sheraton Bali Kuta Resort di Kuta – Bali dan diikuti oleh para Manajer Indikator Kinerja Utama (MIKU) di lingkungan Bank Indonesia sekitar 70 orang, termasuk dari kantor Bank Indonesia di luar negeri. Bank Indonesia adalah salah satu pionir pengguna balanced scorecard di Indonesia, di mana mereka mulai menerapkan konsep ini sejak tahun 2001 yang lalu, lalu diikuti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tahun 2005 dan Kementerian Keuangan RI tahun 2007. Tahun-tahun sebelumnya, saya juga sering diundang untuk memberikan ceramah singkat mengenai balanced scorecard untuk pertemuan para MIKU di Bank Indonesia.

cpl88
Sunset di Tanah Lot – Bali, November 2013.

Nah, itulah beberapa highlight kehidupan saya pada tahun 2013, menjadi bahan perenungan serta mensyukuri apa yang sudah diperoleh dan dilewati .. ternyata banyak diwarnai dengan hal-hal yang “pertama kalinya“.

Sejak bulan Agustus 2013 yang lalu, topik-topik yang berkaitan dengan strategi, manajemen, organisasi, dan ekonomi, saya kumpulkan jadi satu di blog saya yang lain yaitu Notes on Strategy and Management. Begitu juga dengan topik tentang kepolisian dan Polri, saya kumpulkan di blog Polri dan ilmu kepolisian. Lalu berbagai catatan menarik dari kampus sebagai dosen dapat disimak di blog saya yang ini yaitu Catatan Seorang Dosen.Nah, sekali-sekali saya juga suka menulis puisi dan saya bingkai di blog saya bernama Bingkai Warna dan Kata. Silakan kunjungi saja blog ini. Sedangkan blog yang sedang anda baca ini tetap menjadi tempat saya menuliskan berbagai catatan ringan tentang berbagai hal di luar topik-topik khusus tadi, misalnya tentang perjalanan, fotografi, dan keluarga.

Jika direnungi secara mendalam, maka sesungguhnya perjalanan hidup kita ini memang penuh ketidakterdugaan. Perkenalan demi perkenalan membawa kita ke suatu tujuan yang tak disangka-sangka. Begitu juga dengan kejadian demi kejadian, jika direnungi ternyata bisa-bisa membawa sebuah pola. Siapa menduga pertemuan saya dengan Bu Kirti pada acara Reuni ManOps akhirnya membawa saya ikut ISAHP 2013 di Kuala Lumpur? Saya pun tidak menduga perkenalan saya dengan Ling si penyair akan membawa saya berkenalan dengan pelukis Mas Yos Soesilo, dan akhirnya Mas Yos menjadi guru melukis anak saya, Nadya.

Itulah perjalanan hidup .. yang selalu direnungi pada setiap pergantian tahun ..

Semoga di tahun 2014 menjadi lebih baik lagi .. Amin.

Salam
Riri

6 responses

  1. […] seperti awal tahun 2014 yang lalu, di mana ritual blogging di awal tahun adalah menulis tentang kilas balik 2013, maka pada awal tahun 2015 ini saya pun akan menuliskan hal yang sama, yaitu kilas balik 2014. Ini […]

  2. Subhanallah, semoga makin sukses dalam berkarya dan berkeluarga🙂

    1. amin .. terima kasih Sofandre …

  3. Wuihhh… Mantabs Pak. Padet banget kegiatannya selama setahun, dan yang paling salut, dapat terdokumentasi dgn baik.

    Kalau saya belum begitu rapi pak nulis event2 yang telah berlalu…

    Semoga di tahun yang baru ini, saya lebih semangat dalam menulis, Pak.

    BTW, ini kunjungan perdana dari “rumah baru”saya… Hehehe…:mrgreen: kalo berkenan, silahkan mampir, Pak. Tapi masih sedikit banget isinya…😳

    1. terima kasih Mas .. hehehehe .. ya. dokumentasi yang berguna untuk jadi bahan perenungan perjalanan hidup .. btw, itu rumahnya masih terkunci lho … hehehe ..

      1. Hehehe… Maaf Pak, harusnya alamat rumah saya di http://cagakurip.com , kalau yang tadi hanya utk backup in case terjadi “sesuatu”:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

