LUKISAN NADYA

1374759_10201645358669653_80332576_nSelama beberapa minggu terakhir ini, anak saya Nadya punya kesibukan baru setiap akhir pekan, yaitu mengikuti sanggar melukis anak-anak yang diasuh oleh sahabat saya, seorang pelukis papan atas juga, Mas Yos Soesilo. Ini dimulai sejak saya memperkenalkan Nadya kepada Mas Yos beberapa waktu yang lalu di kios Mas Yos di Pasar Seni Ancol. Ternyata Nadya merasa cocok dengan bimbingan Mas Yos, dan Mas Yos bersedia membimbing Nadya.

Sejak itu lukisan Nadya pun bermunculan satu per satu. Bahkan Nadya bersama teman-temannya sesama murid Mas Yos Soesilo ikutan shooting acara “Petualangan Monik” pada episode pelukis anak-anak yang ditayangkan di MNC Kids TV beberapa waktu yang lalu. Saat ini kelihatannya gairah melukis Nadya semakin menjadi-jadi. Barusan tadi sore saya lihat dia mikir sesuatu, dan ketika saya tanya sedang ngapain, Nadya menjawab, lagi nyari ilham mau melukis apa lagi .. he he he ..

1377389_225244644310897_957066678_nSejak ditangani oleh Mas Yos Soesilo, Nadya sudah menghasilkan empat lukisan. Tiga lukisan pertama masih dalam tahap menyesuaikan diri, karena sebelumnya Nadya pernah ikut sanggar gambar, tetapi belum pernah melukis dengan cat. Jadi dia masih perlu waktu penyesuaian. Nah, lukisan Nadya yang keempat tentang sunset atau matahari tenggelam sudah mulai menunjukkan perbedaan. Saya melihat, lukisannya sudah mulai hidup dan menampakkan karakter.

Dalam beberapa obrolan saya dengan Mas Yos Soesilo, beliau mennyampaikan filosofinya dalam mendidik anak, terutama bagaimana mengasah otak kanan anak dengan kreativitas. Tidak hanya berhenti di situ. Kreativitas pun membutuhkan keberanian. Dua hal itu harus bersinergi, kreativitas dan keberanian. Kreatif dalam menggembara menemukan ide-ide dan berani menuangkannya dalam sebuah karya, dalam hal ini tentu sebuah karya seni lukis.

Prinsip ini tidak hanya relevan untuk dunia seni, melainkan untuk kehidupan secara umum. Kreatif dan berani. Ya, kalau pun Nadya nanti tidak menjadi seorang seniman, setidaknya dia belajar sesuatu dari dunia seni, yaitu kreatif dan berani. Semoga itu bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

Selamat berkarya anak cantikku .. Papa loves you ..

Salam
Riri

1378723_10201654809825926_1357688144_n
Berpose di depan sendiri (paling kiri) teman-teman etelah shooting “Petualangan Monik” dengan topik pelukis anak-anak di MNC Kids TV.

1385899_224262881075740_298483411_n
Tiga lukisan Nadya yang pertama, masih mencari bentuk dan menyesuaikan diri.

4 responses

  1. […] Perjalanan hidup ini memang penuh dengan ketidakterdugaan. Secara tak sengaja saya bertemu dengan seorang pelukis bernama Mas Yos Soesilo di Pasar Seni Ancol. Saya dikenalkan dengan beliau lagi-lagi oleh sahabat saya si Merpati Liar. Ngobrol dengan Mas Yos memang mengasyikkan, terutama buat saya yang notabene bukan orang yang berkecimpung di dunia seni. Obrolan sore itu menambah wawasan saya tentang dunia seni, dan disampaikan oleh para pelaku seni itu sendiri. Mas Yos menjelaskan bahwa sebuah lukisan itu lahir dimulai dari imaginasi di otak, lalu diteruskan ke batin yang ada di hati, dan kemudian meneruskan ke tangan untuk menjalankannya. Tiga proses itu harus dilewati, supaya seseorang itu bisa dikatakan seniman lukis. Tetapi jika hanya imaginasi tanpa hati, maka itu hanyalah tukang lukis. Ketajaman karya seniman itu terketak di kekayaan batin dan hati, dan itulah yang memberikan roh dan pemaknaan kepada suatu hasil karya seni. Nah, belakangan, beberapa bulan setelah itu, anak kedua saya Nadya yang menaruh minat terhadap seni rupa pun akhirnya berguru kepada Mas Yos ini. […]

  2. dijual atau masih free gak

    1. hahaha .. masih amatiran nih Bang Jonni😀

  3. […] anak perempuan saya Nadya memiliki minat yang tinggi terhadap seni rupa, maka anak laki-laki saya Raihan justru minatnya ke seni musik. Sebenarnya Nadya pun juga punya […]

Tinggalkan Balasan

