HENTAKAN DRUM RAIHAN

raihanmusikJika anak perempuan saya Nadya memiliki minat yang tinggi terhadap seni rupa, maka anak laki-laki saya Raihan justru minatnya ke seni musik. Sebenarnya Nadya pun juga punya minat ke seni musik, tetapi dari sisi rasa antusias terhadap musik, Raihan lebih tinggi daripada Nadya. Saya mengamati, antusias tinggi Nadya itu memang ke arah seni rupa atau lukisan.

Keduanya, Raihan dan Nadya belajar musik di Ahmad Dhani School of Rock atau ADSOR di Cibubur. Raihan mendalami alat musik drum, sedangkan Nadya belajar piano dan keyboard. Tetapi rasa antusias Raihan membawa dia juga belajar mandiri menggunakan bas dan gitar elektrik, dan saya perhatikan beberapa kali Raihan juga memainkan keyboard.

Pada tanggal 24 November 2013 nanti, rencananya mau manggung lagi pada ADSOR Band Festival di Plaza Cibubur. Sebelumnya mereka juga pernah manggung bersama murid-murid ADSOR, juga bertempat di Plaza Cibubur. Kali ini Raihan sangat antusias, karena dia ingin sekali tampil dengan solo-drum.


Video Raihan sedang latihan solo-drum dengan lagu “Bat Country” oleh Avenged Sevenfold

Saya perhatikan, Raihan ini ngefans sekali sama Mike Mangini (drummer Dream Theater) dan Lars Ulrich (drummer Metallica). Lagu favorit dia adalah Forsaken (Dream Theater), Enter the Sandman (Metallica), serta Black Dog (Led Zeppelin). Tapi sekarang dia lagi sering nyoba lagu Avenged Sevenfold seperti Bat Country. Nah, momen yang paling berkesan buat Raihan adalah saat dia berkesempatan ngejam bareng dengan Anton Nugroho, drummer Kerispatih beberapa bulan yang lalu.


Video Raihan lagi ngejam bareng Anton Kerispatih.

Jika sedang santai, saya dan Raihan sering ngejam bareng, pokoknya bikin ribut di ruang musik kami di rumah, tanpa satu lagu pun yang diikuti .. hehehe ..


Video saya dan Raihan lagi ngejam bareng.

Beberapa waktu yang lalu Raihan minta izin kepada saya, apakah boleh dia ikut membentuk grup band bersama teman-teman di sekolahnya. Saya bilang, silakan saja, sambil menekankan bahwa dia harus memiliki manajemen waktu yang baik, jangan sampai sekolah terganggu. Dia pun berjanji akan mematuhinya.

Ya, sama dengan Nadya, belum tentu dia jadi pelukis nantinya. Begitu juga Raihan, belum tentu jadi musisi nantinya. Tetapi dunia seni akan memicu kreativitas mereka, mengoptimalkan fungsi otak kanan mereka untuk mengembara dengan segala kreativitasnya. Hal itu diikuti dengan keberanian untuk berekspresi, baik dalam bentuk karya lukis maupun musik. Bahkan saya pun mendorong Raihan untuk menemukan variasi-variasi musiknya sendiri. Maka sering saya dengar, dia memainkan alat musik tidak mengikuti suatu lagu tertentu, melainkan semacam mengeksplorasi musik itu sendiri.

Good luck Raihan .. keep on practice your music .. Papa loves you my boy!

Salam
Riri

UPDATE :


Raihan manggung solo drum membawakan lagu Bat Cuntry oleh Avenged Sevenfold (24 November 2013).


Raihan manggung solo drum membawakan lagu Enter Sandman oleh Metallica (24 November 2013).

One response

  1. […] untuk Raihan, kemampuan drumming dia memang mengalami kemajuan yang pesat. Dia bahkan memperoleh nilai yang cukup tinggi sewaktu ujian kenaikan tingkat di ADSOR beberapa […]

Tinggalkan Balasan

