MALAM MINGGU DI KIOS MAS YOS SOESILO

yos01

Sambil mengunjugi Pameran Seni Rupa “Bangkit” yang diselenggarakan Forum Seniman Pasar Seni Ancol Jakarta, saya dan keluarga pun mengunjungi seorang sahabat, yaitu Mas Yos Soesilo, seorang pelukis papan atas di Indonesia. Di samping bermaksud mengunjungi Mas Yos, saya juga ingin memperkenalkan anak saya Nadya dengan Mas Yos, karena kebetulan Nadya juga punya hobbi di bidang seni rupa, dan saya pun ingin mendapatkan opini dari Mas Yos tentang bakat Nadya ini.

yos04

Tak disangka, Mas Yos justru menyuruh Nadya membuat sebuah lukisan. Mas Yos menyediakan kanvas dan cat, lalu minta Nadya melukis kupu-kupu. Sambil Nadya melukis, Mas Yos pun mengamati, sambil memberikan petunjuk-petunjuk kepada Nadya. Ringkas cerita, Mas Yos pun mengacungkan jempol kepada Nadya, sambil mengatakan bahwa Nadya memang masih perlu polesan lagi. Saya juga meminta Mas Yos menjadi guru seni rupa untuk Nadya, dan Mas Yos pun bersedia.

yos03

Saya dan isteri pun banyak berdiskusi dengan Mas Yos mengenai pendidikan yang mengembangkan kreativitas dan keberanian anak-anak. Menurut Mas Yos, banyak sekolah justru memasung kreativitas ini sehingga membuat anak-anak terhambat imaginasinya dan akhirnya hanya pasrah kepada apa yang diperintahkan, tidak ada keberanian mencoba berimaginasi tentang berbagai hal baru, dan ini berbahaya untuk generasi masa depan bangsa ini. Saya dan isteri sepakat dengan Mas Yos.

Kami menilai Mas Yos tidaklah hanya seorang pelukis, melainkan seorang pelukis sekaligus pendidik karena memang suka dengan anak-anak. Mas Yos sendiri sudah beberapa kali memprakarsai pameran lukisan karya anak-anak Indonesia.

yos02

Terima kasih Mas Yos atas diskusi yang menarik dan tetaplah ikut serta dalam membangun kreativitas anak-anak Indonesia.

Salam
Riri

2 responses

  1. hehehe…..mantap…..kapan nih bisa lukis bareng lagi nadya……www.gallerytiara.blogspot.com

  2. […] yang diasuh oleh sahabat saya, seorang pelukis papan atas juga, Mas Yos Soesilo. Ini dimulai sejak saya memperkenalkan Nadya kepada Mas Yos beberapa waktu yang lalu di kios Mas Yos di Pasar Seni Anco…. Ternyata Nadya merasa cocok dengan bimbingan Mas Yos, dan Mas Yos bersedia membimbing […]

Tinggalkan Balasan

