[FOTO] PAMERAN SENI RUPA PASAR SENI ANCOL

seni03

seni01Setelah mengunjungi Pameran Alat Utama dan Sistem Senjata (Alutsista) TNI-AD di Monas, saya dan keluarga menghabiskan sabtu malam alias malam Minggu tanggal 5 Oktober 2013 dengan mengunjungi Pameran Seni Rupa “Bangkit” yang diselenggarakan oleh Forum Seniman Pasar Seni Ancol Jakarta. Pameran ini sangat menarik, terutama untuk anak-anak dan isteri, karena inilah pertama kalinya mereka melihat seperti apa sebuah lukisan yang memiliki harga puluhan juta rupiah.

Memang sebuah karya seni tak bisa dinalar secara rasional awam. Mengapa ada orang mau membeli sebuah karya seni seharga puluhan bahkan ratusan juta rupiah? Apa yang membuat mahal itu? Apa hebatnya? Mungkin sederetan pertanyaan bagi orang awam akan muncul. Tetapi itulah dunia seni, terutama seni rupa, nilainya sangat tinggi untuk karya-karya yang memang berkualitas seni yang tinggi pula.

Menurut Mas Yos Soesilo, sahabat saya, seorang pelukis papan atas, acara ini barulah pemanasan. Konon katanya para seniman ini akan memprakarsai sebuah acara pameran akbar ratusan pelukis dari seluruh Indonesia, dan itu akan menjadi ajang pameran seni rupa terbesar di Indonesia.

Itulah seni rupa, dia memiliki tempat tersendiri yang juga tinggi dalam bingkai ekonomi kreatif. Semoga para seniman Pasar Seni Ancol dan para seniman umumnya di Indonesia berkarya semakin baik dan mampu menggugah hati lewat karya-karyanya.

Salam
Riri

seni22
Lukisan ini harganya Rp. 40 juta …

seni23
Kalau yang ini harga Rp. 20 juta …

seni10

seni27

seni12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s