MENGAPA BANYAK MAKANAN DARI DAGING KERBAU DI KUDUS?

DSC_0377

Ini pertanyaan menarik, mengapa banyak makanan dari daging kerbau di Kudus? Di pusat-pusat kuliner kota ini, kita akan menemukan makanan sate kerbau, sop kerbau, serta pindang kerbau. Mengapa demikian? Ini saya temukan sewaktu berada di Kudus (28-31 Juli 2013) dalam rangka tugas di sebuah klien, yaitu Polytron.

Dari cerita masyarakat setempat saya akhirnya mengetahui bahwa ini semua dimulai dari zaman Sunan Kudus, salah seorang Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Sunan Kudus saat itu menemukan bahwa masyarakat di wilayah ini banyak memeluk agama Hindu dan mereka pun menghormati sapi sebagai hewan yang dianggap “suci”. Sunan Kudus sangat menghormati harmoni dan tidak mau konflik, maka dia pun tidak memakan daging sapi, melainkan daging kerbau. Maka, banyaklah makanan khas Kudus yang terbuat dari daging kerbau.

IMG_7632

Tradisi ini pun berlanjut sampai sekarang. Walaupun Kudus dikenal sebagai kota santri dengan budaya Islam yang sangat kuat. Tetapi menurut masyarakat di sini, mereka tidak memotong sapi. Konon ini adalah pesan langsung dari Sunan Kudus yang merupakan Wali yang sangat dihormati di daerah ini. Kalaupun ada daging sapi yang dijual di Kudus, biasanya dipasok dari daerah lain di sekitarnya seperti Pati.

Bagaimana dengan Idul Adha? Ya, masyarakat di sini rupanya hampir tidak ada yang memotong sapi, melainkan kambing atau kerbau. Tetapi menurut pengakuan masyarakat di sini juga, tradisi ini sudah mulai luntur, beberapa tempat di Kudus sudah mulai memotong sapi saat Idul Adha, tetapi juru potongnya tetap bukan orang asli Kudus, melainkan pendatang dari luar. Begitu pula yang melaksanakannya, bisanya adalah kelompok pendatang dari luar.

Terlepas dari asal-usul kisah itu, buat saya ini adalah kesempatan untuk juga mencoba dan menikmati masakan khas Kudus yang dibuat dari daging kerbau .. enak lho ..

Salam dari Kudus
Riri

4 responses

  1. wah kudus tuh kayak daerah saya di pantai barat Aceh, kami sini juga lebih suka makan daging kerbau, meski daging sapi juga ada tetapi daging kerbau yang utama.

  2. […] dibangun, di wilayah tersebut masih banyak pemeluk agama Hindu. Alasan ini juga yang menyebabkan di Kudus banyak ditemui menu makanan yang menggunakan daging kerbau, bukan daging sapi. Saya sangat beruntung bisa mengunjungi mesjid ini, karena sesungguhnya saya sudah lama membaca […]

  3. wah kota Kudus makin populer nich lewat Pak Riri.., ojo lali mampir lagi klo lewat kudus..,

    1. terima kasih Pak Win .. salam sukses selalu ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s