GEDUNG LAWANGSEWU DI SEMARANG

sewu00

Tadi siang, saya berkesempatan mengunjungi Gedung Lawangsewu yang legendaris di kota Semarang dalam perjalanan menuju Kudus (28/07/2013). Saya sudah lama mendengar bahwa gedung ini dianggap angker oleh masyarakat setempat. Konon katanya gedung ini menyimpan banyak misteri. Oh ya, gedung ini dinamai Lawangsewu yang artinya pintu seribu karena memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak, sehingga supaya gampangnya dalam Bahasa Jawa disebut lawang (pintu) sewu (seribu).

sewu08Awalnya gedung ini adalah kantor pusat jawatan kereta api Pemerintah Hindia Belanda di Semarang dan merupakan gedung paling megah, modern, dan memiliki arsitektur dan struktur terbaik di zamannya. Pada saat itu, Semarang adalah pusat perkeretapian di pulau Jawa, sehingga kantor pusatnya dibangun di Semarang. Gedung ini memiliki banyak ruangan serba guna dengan tata ruang dan sirkulasi udara yang baik. Walaupun panas terik, suasana di dalam gedung ini tetap sejuk.

Tetapi pada zaman penjajahan Jepang, gedung ini dipergunakan sebagai kantor militer dan ruang bawah tanah dijadikan penjara serta tempat hukuman mati para tahanan. Karena banyak yang dibunuh tentara Jepang saat itu di gedung ini, makanya menjadi angker, setidaknya begitu kata masyarakat di sini. Di ruang bawah tanah itu terdapat penjara berdiri dan penjara jongkok. Dari namanya saja, kira-kira sudah bisa dibayangkan seperti apa penjara itu, apalagi tanpa penerangan karena lokasinya di bawah tanah dan selalu digenangi air. Mengapa selalu digenangi air? Karena waktu dibangun oleh Belanda, ruang bawah tanah itu adalah drainase dan juga tempat penampungan air.

sewu12Di depan gedung ini, terdapat monumen perjuangan para pemuda Semarang sewaktu menyerbu tentara Jepang di gedung ini. Pertempuran itu dilakukan oleh AMKA (Angkatan Muda Kereta Api). Tetapi tentara Jepang bisa menumpas para pemuda ini, dan di tempat terjadinya pertempuran itu dibangun sebuah tugu peringatan, persis di depan Gedung Lawangsewu.

Informasi lebih lengkap bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Lawang_Sewu serta http://seputarsemarang.com/lawang-sewu-pemuda-1272

Gedung Lawangsewu, mungkin buat kebanyakan orang nilai mistis atau misterinya lebih menarik, tetapi buat saya ini adalah salah satu saksi bisu perjalanan panjang sejarah bangsa ini ..

Salam
Riri

sewu21

sewu11

sewu19
sewu06

One response

  1. […] sekitar jam 13:00 siang dan langsung menuju Kudus. Kami sempat singgah sejenak untuk mengunjungi gedung Lawangsewu yang legendaris dalam perjalanan menuju Kudus. Akhirnya kami sampai di Kudus sekitar jam 16:00 sore. Pertanyaan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s