REUNIAN SETELAH 26 TAHUN ..

Kata orang bijak, persahabatan sejati itu tak pernah hilang. Mungkin itu yang terjadi pada kami berempat, Tri, Ratih, Eliza, dan saya. Kami berempat pertama kali berkenalan saat sama-sama menjadi finalis pada Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 1987 .. 26 tahun yang lalu!

reunitri

Saat itu Tri yang bernama lengkap Tri Daryanto masih seorang siswa pada SMA Negeri 1 Magelang, Ratih (Theresia Ratih Sawitridjati) adalah siswi SMA Regina Pacis Bogor, Eliza (Eliza Rivai) adalah siswi SMP Sang Timur Jakarta yang merupakan peserta termuda diantara semua finalis, dan saya saat itu adalah siswa di SMA Negeri 2 Padang. Kami bersama dengan para finalis lainnya yang berjumlah 33 orang tinggal selama 10 hari (kalau tidak salah) di Wisma LIPI di daerah Menteng Jakarta Pusat. Saya masih ingat nama jalannya, yaitu jalan Bandung, tetapi bangunan wisma tersebut sudah direnovasi sehingga bangunannya sudah berbeda.

Entah karena alasan apa ya sehingga kami menjadi akrab saat itu? Persisnya saya juga lupa. Tetapi mungkin ada kesamaan chemistry dan cocok untuk saling ngobrol .. mungkin itu hehehe .. Saya masih ingat, Tri jago main gitar sehingga suasana di Wisma LIPI saat itu menjadi lumayan rame dan tidak membosankan.

reunitri2

Saat ini Tri dan keluarga tinggal di Bintaro walaupun Tri sendiri bertugas di India di Schlumberger, sebuah perusahaan minyak kelas dunia. Kemudian Ratih dan keluarga tinggal di Bogor dan Ratih mengelola sebuah sekolah untuk anak-anak yang membutuhkan penangangan khusus (autis). Eliza dan keluarga bermukim di New Jersey AS.

Setelah selesai acara LKIR di LIPI, kami tak pernah lagi ngumpul lengkap berempat. Secara terpisah, kami pun beberapa kali bertemu, tetapi tidak bersamaan. Misalnya, saya ketemu Eliza terakhir 2 tahun yang lalu di Jakarta … Jadi, inilah kumpul pertama berempat setelah 26 tahun.

Tadi malam (13/07/2013), Tri bersama isterinya Dyah serta anak-anak mereka menjadi tuan rumah acara reunian dan kumpul-kumpul kami bersama. Saya datang bersama keluarga, demikian juga Eliza. Hanya Ratih yang datang sendiri. Suasana akrab dan hangat sambil mengulang cerita masa lalu pun terjadi, sambil menikmati hidangan buka puasa yang disiapkan tuan rumah.

Kalau dulu Tri yang manggung pakai gitar dan kami bertiga mengiringi dengan lagu. Nah, tadi malam anak saya Raihan bersama puteri pertama Tri yaitu Aya yang main musik. Aya main piano dan Raihan yang menggebuk drum, sementara itu Tri dan Iid yang nyanyi. Sungguh suasana yang sangat menyenangkan.

Terima kasih kepada Tri dan Dyah sekeluarga yang sudah menjadi tuan rumah acara ngumpul kita kali ini. Mohon maaf jika merepotkan .. tetapi sungguh suatu momen yang sangat istimewa ..

Salam
Riri

2 responses

  1. […] Kisah dari LKIR LIPI tahun 1987 ini pun menyisakan persahabatan yang manis antara saya dan tiga finalis lainnya, Tri, Ratih, dan Eliza. Kisahnya dapat dibaca di sini. […]

  2. Riri, Eliza dan Ratih, terima kasih buat kehadirannya di rumah bersama keluarga, sungguh menyenangkan dan berkesan pertemuan kita berempat setelah 26 tahun, banyak cerita dan tawa mengenang momen LKIR, dan senang mendengar beberapa cerita singkat perjalanan hidup kita masing-masing…. Wish our friendship will always flourish on the years ahead… dan semoga kita bisa ketemuan lagi di reuni berikutnya…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s