CORPORATE LEVEL STRATEGY MME 52 PPM

Kembali saya mengisi kuliah Corporate Level Strategy pada Program Magister Manajemen Eksekutif (MME) di PPM, dan kali ini untuk kelas MME angkatan 52. Kuliah ini berbeda dengan kuliah Organization Diagnosis and Strategic Management (ODSM) yang juga saya ikut asuh di MM-PPM. Kuliah ODSM membahas strategi tingkat unit bisnis yang sering juga disebut dengan istilah business-level strategy atau competitive strategy. Sebelumnya saya mengisi kuliah yang sama di kelas MME angkatan 51.

MME52

Kuliah Corporate Level Strategy terdiri dari tiga segmen utama, yaitu strategi portfolio, strategi pengelolaan anak perusahaan (parenting strategy) dan balanced scorecard tingkat korporat. Saya kebagian sesi balanced scorecard tingkat korporat yang terdiri dari strategy-focused organization, strategic alignment dengan balanced scorecard, dan tentu saja corporate strategy execution.

Kuliah Corporate Level Strategy ini hanya diberikan pada kelas MME dan tidak diberikan kepada kelas MM Eksekutif Muda ataupun Wijawitata Manajemen (MM untuk fresh graduate dari S1). Para peserta kuliah di kelas MME umumnya adalah para eksekutif senior di perusahaan, bahkan beberapa ada yang berada pada posisi direktur. Gaya mengajarnya lebih banyak relektif atau menstrukturkan kembali pengalaman yang pernah dilakukan oleh para peserta. Proses pembelajaran bersifat dialogis, tetapi dengan gaya reflektif. Saya sangat menikmati mengajar di kelas seperti ini yang sarat dengan diskusi dengan kasus-kasus riil yang dialami oleh para peserta kuliah.

Salam sukses selalu
Riri

One response

  1. […] portfolio analysis dan parenting strategy. Ini adalah topik yang menjadi bidang minat saya, dan saya pun mengasuh mata kuliah ini di Program Magister Manajemen Eksekutif di PPM bersama Dr. Ningky Munir dan Dr. Setiadi […]

Tinggalkan Balasan

