MANAJEMEN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD UNTUK KKP RI

KKP1
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif C. Sutardjo sedang menandatangi kontrak kinerja untuk Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja.

Tanggal 1 Juli 2013 akan dicatat sebagai salah satu hari yang bersejarah pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, karena pada tanggal itulah KKP RI secara resmi memulai penerapan sistem manajemen kinerja berbasis balanced scorecard (BSC). Ini juga hari yang membahagiakan buat kami para tim konsultan dari Value Alignment Advisory (VA2), karena apa yang dimulai sejak bulan Desember 2012 yang lalu sekarang sudah terwujud. Kami bersama-sama dengan tim SMO (strategy management office) KKP RI berhasil mewujudkan BSC untuk tingkat menteri sampai dengan eselon IV dan individu. Sebuah perjalanan panjang yang melelahkan tetapi berakhir dengan manis.

KKP2
Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja sedang menandatangi kontak kinerja dirinya disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sharif C. Sutardjo.

Pada tanggal 1 Juni 2013, melalui suatu rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri KP RI, Bapak Sharif. C. Sutardjo, telah dilakukan penandatanganan kontak kinerja pada pejabat eselon I yang merupakan cascading dari target kinerja menteri. Selanjutnya hal yang sama akan dilakukan sampai dengan pejabat eselon IV di KKP RI. Pak Menteri KKP menyambut gembira kemajuan ini, dan ini merupakan suatu hal yang bersejarah untuk KKP RI di mana para pejabat tinggi bisa memotret kondisi organisasi KKP secara bersama-sama dengan suatu metode yang mudah. Pak Menteri berharap kinerja KKP RI akan membaik di masa mendatang dengan diterapkannya sistem manajemen kinerja berbasis BSC ini.

KKP3
Henry Christianto ditemani Rakhmat Robbi sedang menjelaskan sistem pengukuran kinerja berbasis BSC kepada Menteri KP RI dan jajaran pejabat utama KKP RI.

Pada kesempatan itu juga, Henry Christianto yang bertindak sebagai project manager dari tim konsultan VA2 mempresentasikan bagaimana cara mengukur kinerja dengan menggunakan indikator kinerja utama pada BSC. Bagaimana hal ini nantinya akan mengubah beberapa hal yang snagat fundamental mengenai manajemen kinerja pada KKP RI.

Sebagai CEO dari VA2, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri KKP dan jajaran pejabat KKP RI atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjadi mitra KKP RI dalam mewujudkan sistem manajemen kinerja berbasis BSC ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim konsultan VA2 yang dipimpin oleh Henry Christianto bersama dengan Rakhmat Robbi dan Haris Munandar, serta tim konsultan yang tak kenal lelah Siti Uswatun Hasanah (Anna), Hari Murdani, Laila Sriwahyuni, serta Richi Aktorian, dan tentu saja kepada semua tim pendukung VA2. Ucapan terima kasih juga saya berikan kepada tim SMO KKP RI yang secara spartan juga mampu belajar dengan cepat dan mewujudkan impian untuk memiliki sistem manajemen kinerja yang lebih baik di KKP RI.

Mengutip ucapan Pak Rio Silaban, staf ahli Menteri Keuangan RI, yang juga pernah memimpin SMO di Kementerian Keuangan RI, ini adalah suatu momen bersejarah untuk KKP RI seperti halnya yang sudah dialami oleh Kementerian Keuangan RI beberapa tahun yang lalu. Nanti tinggal bagaimana KKP RI mengatur indikator kinerja dan target untuk mewujudkan kinerja yang tinggi, dan tentu saja melalui eksekusi yang handal.

Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan semua pihak.

Salam
Riri

NB : foto-foto saya ambil dari website Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

3 responses

  1. […] salah satu hari yang bersejarah pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, karena pada tanggal itulah KKP RI secara resmi memulai penerapan sistem manajemen kinerja berbasis balanced scor…. Ini juga hari yang membahagiakan buat kami para tim konsultan dari Value Alignment Advisory (VA2), […]

  2. […] perubahan untuk Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI menuju prime-mover (tahun 2012), serta penyusunan manajemen kinerja berbasis balanced scorecard untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (tahun […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 2.692 pengikut lainnya.