DARI ISAHP 2013

[Silakan klik untuk melihat video clip buatan saya di atas]

vahp1

Saya berkesempatan mengikuti International Symposium on Analytic Hierarchy Process (ISAHP) 2013 in Kuala Lumpur, Malaysia (23-26 June 2013), sebuah forum internasional yang membahas aspek teori dan praktik dari Analytic Hierarchy Process (AHP) serta kembangannya yang terakhir, Analytic Network Process (ANP). Acara ini dilaksanakan di Hotel Istana, tidak jauh dari Kuala Lumpur City Center (KLCC), dan panitia lokal adalah International Islamic University of Malaysia (IIUM) (lihat artikelnya di sini). Pada forum tersebut, saya juga menyajikan makalah yang berjudul “Change Management Strategy Development in IS/IT using AHP” yang merupakan suatu hasil kolaborasi antara saya dengan para mahasiswa bimbingan saya di program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (MTI-UI).

abstractriri

Ini adalah pertama kalinya saya ikut serta sebagai penyaji makalah pada ISAHP yang sudah berlangsung selama 12 kali. Sebenarnya pada ISAHP yang dilaksanakan di Bali tahun 2003, saya juga ikut serta sebagai panitia, tetapi tidak menjadi penyaji makalah. Saat itu saya belum begitu tertarik dengan topik ini. Ketertarikan saya muncul beberapa tahun belakangan ini, dan bahkan saya sudah membimbing karya akhir mahasiswa program MTI-UI dengan topik AHP, tentu saja terapannya di bidang sistem dan teknologi informasi. Salah satu bentuk terapan tersebut dan yang paling banyak dipergunakan oleh mahasiswa adalah untuk menyusun prioritas kebijakan satau strategi, termasuk strategi manajemen perubahan.

ahp104

Saya kebagian presentasi pada hari pertama menjelang sore, pada sesi yang khusus membahas terapan AHP/ANP pada dunia sistem dan teknologi informasi. Pada sesi ini, kolega saya sesama dosen di MTI-UI, Petrus Musanto, juga menyajikan makalah, yang membahas penggunaan AHP/ANP untuk menilaian kualitas rancangan perangkat lunak berbasis orientasi-obyek. Sesi ini dipimpin oleh Prof. Rohana Kamaruddin dari Arsyad Ayub Graduate Business School – Universiti Teknologi MARA di Selangor – Malaysia.

vahp8

Banyak sekali makalah yang menarik pada forum ini. Saya mendapatkan banyak pelajaran baru pada simposium ini, mulai dari aspek teori yang bikin pusing kepala, sampai dengan berbagai penerapan praktis di lapangan untuk memecahkan berbagai persoalan. Ada penelitian menarik yang dilakukan di AS, yaitu menggunakan AHP untuk mengidentifikasi tersangka oleh saksi mata pada suatu tindak kejahatan. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu bersamaan (para calon tersangka secara bersamaan diidentifikasi), sekuensial (para calon tersangka diidentifikasi satu persatu), dan AHP (para tersangka diidentifikasi dengan pairwise comparisons). Hasilnya, dengan menggunakan AHP tingkat akurasi meningkat secara signifikan (83%) dibanding kedua metode lainnya (sekitar 55%). Penelitian ini dilakukan oleh Prof. Enrique Mu bersama timnya. Penelitian ini pun mendapatkan award sebagai best paper para ISAHP 2013 ini.

isa819

Saya pun bermimpi suatu saat polisi Indonesia pun menggunakan pendekatan scientific-based atau knowledge-based policing seperti itu. Dalam beberapa kesempatan, saya selalu mempromosikan scientific-based atau knowledge-based policing ini kepada Polri. Tetapi mereka memang masih butuh waktu untuk sampai ke sana, masih banyak sekali persoalan yang mendasar yang harus dibereskan terlebih dulu.

Dari beberapa makalah saya memperoleh pelajaran bahwa beberapa kesalahan dalam menggunakan AHP sehingga memberikan hasil yang kurang memuaskan bukan terletak kepada teknis perhitungan AHP-nya, dan juga bukan dalam menyusun model hirarkinya, melainkan ketidaktepatan dalam meletakkan AHP dalam konteksnya. Misalnya, menggunakan AHP untuk perencanaan strategis, jika hasil kurang memuaskan, bisa jadi bukan terletak kepada perhitungan dan model, tetapi kepada kerangka perencanaan strategis yang dipergunakan. Hasil bisa jadi adalah fungsi dari kalkulasi, model, dan juga konteks.

ahp106

Sayang sekali, untuk pertama kalinya sang konseptor AHP/ANP, Prof. Thomas Saaty tidak bisa hadir pada ISAHP di Kuala Lumpur ini karena alasan kesehatan. Tetapi beliau tetap menyampaikan pemikirannya pada acara ini melalui video conference langsung dari AS. Isteri beliau, Rozanne Saaty, yang juga ahli AHP/ANP hadir pada acara ini.

vahp5

Ada yang menarik dari presentasi Prof. Saaty, kutipannya “The will not be a much better place unless politicians change from the old habits of pandering to lobbyist, nepotism and corruption to get re-elected regardless of national interests. Decision making process and rationality must replace these primitive habits. Changes comes from better understanding and managing complexity in an honest way“.

Acara ISAHP 2013 juga diselingi dengan city tour di beberapa tempat sekitar Kuala Lumpur, serta gala dinner yang menghadirkan Chief Minister Negara Bagian Perak, Y.A.B. Zambry Abdul Kadir untuk menyampaikan pidatonya. Menarik sekali, karena pada saat pemilihan umum yang lalu, pernah diadakan penelitian mengenai kandidat-kandidat yang layak jadi Chief Minister dengan menggunakan AHP dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil pemilu sebenarnya.

ahp103

Tanggal 26 Juni 2013, ISAHP 2013 berakhir dengan begitu banyak pembelajaran yang saya peroleh tentang AHP/ANP, baik dari sisi teori maupun terapan di berbagai bidang. Salah satu yang menarik adalah presentasi Prof. William Wedley (Simon Fraser University – Kanada) menjelaskan agenda yang masih harus dikerjakan berkaitan dengan AHP/ANP ke depan untuk mengisi “ruang kosong” dan pertanyaan yang masih tersisa berkaitan dengan konsep AHP/ANP.

isa801

Saya sangat berterima kasih kepada Ibu Kirti Peniwati yang sudah menyarankan saya mengikuti ISAHP 2013 ini, serta Prof. Rafikul Islam dari International Islamic University Malaysia, chairman ISAHP 2013 yang sudah memberikan kesempatan walaupun saya terlambat menyerahkan makalah untuk acara ini.

Salam
Riri

[Silakan klik untuk melihat video clip buatan panitia ISAHP 2013 di atas]

[Silakan klik untuk melihat video clip di atas, buatan Klaus Guo dari Business Performance Management]

3 responses

  1. […] analisis prioritas secara scientific dan njelimet seperti Analytics Hierarcgy Process (AHP) (walaupun saya salah seorang peminat konsep ini), melainkan sedikit berbagi bagaimana menentukan prioritas secara praktis dan […]

  2. […] sebagai peserta termuda yang baru lulus kuliah .. Nah, pada bulan Juni 2013, saya berkesempatan mengikuti International Symposium on Analytic Hierarchy Process (ISAHP) 2013 in Kuala Lumpur, Malays… (23-26 June 2013), sebuah forum internasional yang membahas aspek teori dan praktik dari Analytic […]

  3. […] berkesempatan mengikuti International Symposium on Analytic Hierarchy Process (ISAHP) 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia (23-26 Juni 2013). Kebetulan acara ini dilaksanakan bertepatan dengan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s