PENYELARASAN ORGANISASI DAN BALANCED SCORECARD

Penerapan balanced scorecard yang mencakup peta strategi, indikator kinerja utama, target, dan inisiatif strategis, disamping sebagai alat manajemen kinerja, juga berfungsi sebagai general check-up untuk aspek keorganisasian dan ketatalaksanaan sebuah organisasi / perusahaan. Banyak hal-hal yang mungkin terjadi sudah lama menjadi terungkap ke permukaan, misalnya desain / struktur organisasi yang tidak berpola, deskripsi kerja yang tumpang-tindih, sistem dan prosedur yang tidak bagus, dan sebagainya. Untuk itu diperlukan suatu penyelarasan atau organization alignment untuk memperbaikinya.

Ini adalah suatu tahapan yang lazim pada kerangka execution premium yang digagas oleh Kaplan dan Norton dalam upaya menuju strategy-focused organization. Dengan demikian, terjadi suatu siklus pembelajaran di dalam perusahaan / organisasi dalam manajemen strategis. Pembelajaran itu diperoleh dari suatu proses eksekusi yang tertata rapi, mulai dari penyusunan strategi sampai dengan penyelarasan organsiasi.

jg00

Dalam rangka itulah, saya ditemani oleh Henry Christianto diundang menjadi narasumber untuk menyelaraskan keorganisasian dan ketatalaksanaan dengan balanced scorecard yang disusun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, khususnya Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (DSKP). Acara ini berlangsung di Hotel Melia Purosani Jogjakarta (13/06/2013). Kebetulan tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2) sekarang menjadi mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk penyusunan balanced scorecard secara utuh.

Diskusi mengenai hal ini selalu menarik, karena kita membahas hal-hal yang sifatnya strategis untuk organsiasi. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan semoga memberi manfaat yang banyak untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Salam
Riri

One response

  1. sukses selalu bang riri, menjadi organisasi yang besar dalam arti manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s