CORPORATE MANAGEMENT – AJB BUMIPUTERA 1912

manut1

Kemarin (03/06/2013), saya menjadi narasumber / instruktur pada Pelatihan Manajemen Utama Lanjutan “Great Leader – Great Result” untuk AJB Bumiputera 1912 di Puteri Gunung Hotel – Lembang, Bandung. Pelatihan ini berlangsung selama seminggu dan diikuti oleh semua kepala wilayah AJB Bumiputera 1912 se-Indonesia. Saya kebagian sesi senin pagi kemarin dengan topik “Corporate Management and Business Model” yang membahas corporate agency theory, conflict of interest, the corporate governance, corporate management systems, serta business model.

manut5

Sesi itu saya buka dengan metode boardroom war game, sebuah simulasi bagaimana diskusi dilakukan di ruang rapat pimpinan perusahaan untuk menganalisis perusahaan sendiri dengan cara berpikir seperti kompetitor. Metode ini sangat lazim dipergunakan dalam aktivitas militer yang bertujuan untuk menganalisis diri sendiri sebelum melakukan operasi militer.

manut10

Ringkasnya, topik yang saya bawakan membahas bahwa menurut agency theory, maka sebuah korporasi memiliki agen-agen dengan kepentingan yang berbeda dan berpotensi untuk membentuk konflik. Dengan demikian diperlukan suatu good corporate governance yang merupakan kesepakatan yang tertulis dan tunduk kepada hukum di antara agen-agen di dalam korporasi. Kesepakatan tersebut harus dituangkan kepada suatu sistem manajemen korporasi yang komprehensif di dalam korporasi tersebut. Penyusunan sistem manajemen korporasi tersebut tidak akan pernah bisa terwujud dengan baik, apabila kita tidak memahami business model korporasi. Sesuai dengan prinsip systems theory, maka keberadaan sistem manajemen korporasi yang baik akan mendorong terciptanya transformasi kultural di dalam korporasi.

manut0a

Semoga AJB Bumiputera 1912 terus menjadi lebih baik dan memang proven over time sesuai logonya.

Salam
Riri

NB : tulisan saya mengenai AJB Bumiputera 1912 dapat dibaca di sini.

2 responses

  1. […] Lalu pada pertengahan tahun 2013, saya mengisi topik “Corporate Management and Business Model” yang membahas corporate agency theory, conflict of interest, the corporate governance, corporate management systems, serta business model pada program Pendidikan Manajemen Utama yang diikuti oleh kepala wilayah AJB Bumiputera 1912 se-Indonesia. […]

  2. […] awal Juni 2013, saya menjadi narasumber / instruktur pada Pelatihan Manajemen Utama Lanjutan “Great Leader – Great Re… di Puteri Gunung Hotel – Lembang, Bandung. Pelatihan ini berlangsung selama seminggu dan diikuti […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s