TELAGA TAMBANG KAOLIN

blt20

blt10Pulau Belitung dikenal sebagai tempat penghasil dua bahan tambang, yaitu timah dan kaolin (tanah liat putih). Kaolin ini adalah bahan baku untuk keramik, dan konon juga setelah diolah bisa menjadi bahan baku kosmetik (setidaknya begitu si pemandu wisata kami menjelaskan sewaktu mengunjungi area tambang kaolin ini hari Minggu pagi, 17/03/2013).

Tambang kaolin ini memberikan dampak lain. Karena ini termasuk galian, maka lobang-lobang besar yang terbuka itu menjadi sebuah telaga yang sangat indah. Airnya menjadi berwarna-warni (hijau, biru, dan variannya) akibat bercampur berbagai mineral di sana, terutama kaolin yang menjadi bahan tambang utama.

blt14Saya dan keluarga mengunjungi salah satu telaga tambang kaolin yang tidak jauh dari kota Tanjung Pandan menjelang menuju airport Hanandjoeddin untuk kembali ke Jakarta. Sungguh indah dan menakjubkan.

Banyak pemandangan alam yang menarik di Belitung yang belum saya jumpai di daerah lain di Indonesia. Saya percaya suatu saat Belitung bisa jadi salah satu alternatif tujuan wisata di Indonesia.

Salam
Riri

2 responses

  1. […] Tahun 2013, pertama kalinya saya mengunjungi Pulau Belitung, bersama dengan keluarga dan rombongan dari keluarga besar Jurusan Akuntansi FE Universitas Trisakti (15-17 Maret 2013). Sebenarnya tidak banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di Belitung Timur, tetapi setidaknya ada satu hal yang menarik perhatian saya. Di Desa Gantong – Belitung Timur, terdapat Museum Kata Andrea Hirata, sang penulis kisah Laskar Pelangi yang sudah difilmkan beberapa tahun yang lalu. Di sana terdapat banyak artefak yang berkaitan dengan kisah Laskar Pelangi ini, dan itulah yang sampai saat ini menjadi daya pikat Belitung Timur. Tetapi wisata yang menarik di sini adalah tour de islands, yaitu mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, serta telaga tambang kaolin yang unik. […]

  2. […] baharinya luar biasa (lihat tulisan saya di sini), demikian pula dengan potensi wisata lainnya (seperti yang saya tulis di sini). Kelihatannya Belitung berpotensi untuk menyaingi Bali dalam cluster pariwisata di Indonesia […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s