TOUR DE ISLANDS OF BELITUNG

bt02
Sabtu pagi (16/03/2013) kami sudah sampai di Pantai Tanjung Kelayar – Belitung, dan dari sinilah perjalanan tour de islands akan dimulai sampai sore nanti, menggunakan boat tradisional yang terbuat dari kayu. Boat yang akan kami pergunakan seperti yang terlihat di belakang kami di foto di atas

bt25
Sepanjang perjalanan kita akan menemukan banyak pulau-pulau kecil yang terdiri dari batu-batu besar dan membentuk bangun-bangun yang menarik. Ini adalah Pulau Kelayang dengan Batu Garuda.

bt04
Ternyata perjalanan dengan menggunakan boat tradisional yang terbuat dari kayu ini sangat menyenangkan, apalagi didukung oleh cuaca yang sangat cerah dan bersahabat. Saya sangat menikmati duduk di depan haluan boat sambil menikmati laut dan gugusan pulau-pulau.

bt05
Pemberhentian pertama kami adalah Pulau Pasir, yaitu sebuah pulau yang hanya berupa pasir dan lebarnya hanya sekitar 20×30 meter saja. Jika air pasang, maka pulau ini tenggelam. Di sini banyak ditemui bintang laut. Kalau berjemur di sini, dalam hitungan menit mungkin langsung gosong .. hehehe ..

bt06
Perjalanan pun dilanjutkan, kami sangat beruntung karena cuaca begitu cerah dan bersahabat. Kami sangat menikmati perjalanan keliling antar pulau ini. Laut biru yang tenang sangat bersahabat hari ini.

bt36
Selanjutnya kami mampir ke Pulau Batu Berlayar, pulau ini juga kecil, dan banyak batu-batu besar, bahkan sangat besar. Apa yang menyebabkan terbentuknya gugusan batu-batu besar ini? Entahah .. tapi pasti ada cerita atau penjelasan di balik ini semua.

bt35
Masih di Pulau Batu Berlayar …

bt39
Selanjutnya kami menuju Pulau Langkuas. Pulau ini termasuk yang agak besar, di pulau ini terdapat sebuah menara mercusuar. Kami istirahat sejenak di pulau ini untuk makan siang. Di sini ada juga yang jualan makanan kecil dan minuman, rupaya karena sudah banyak wisatawan yang mampir di sini.

bt09
Masih di Pulau Langkuas, batu-batu ini sangat menakjubkan, karya seni alami dari Sang Seniman Agung …

bt13
Snorkling di lepas pantai Pulau Langkuas, terumbu karangnya sangat indah ..

bt17
Menjelang sore .. kami sampai di Pulau Burung .. konon pulau ini ada yang punya dan sudah siap untuk dikelola sebagai daerah tujuan wisata ..

bt10
Masih di Pulau Burung .. dan setelah ini, kami pun kembali ke Pantai Tanjung Kelayang lalu menuju Pantai Tanjung Tinggi untuk menikmati suasana matahari terbenam.

bt20
Siluet saya saat matahari terbenam di Pantai Tanjung Tinggi ..

bt48
Matahari terbenam di Pantai Tanjung Tinggi – Belitung .. akhir dari tour de island kami hari ini …

2 responses

1. […] yang sampai saat ini menjadi daya pikat Belitung Timur. Tetapi wisata yang menarik di sini adalah tour de islands, yaitu mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Belitung, serta telaga tambang kaolin yang […]

2. […] operator wisata yang membawa saya dan rombongan selama di Belitung. Wisata baharinya luar biasa (lihat tulisan saya di sini), demikian pula dengan potensi wisata lainnya (seperti yang saya tulis di sini). Kelihatannya […]