ANDREA HIRATA, BELITUNG, DAN DAMPAK EKONOMI

bl23Hari ini (15 Maret 2013) adalah pertama kalinya saya mengunjungi pulau Belitung di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya dan keluarga berada di sini sampai dengan hari Minggu tanggal 17 Maret 2013. Kami ikut serta dalam rombongan family gathering dosen Fakultas Ekonomi Universitas Trisaksi (kebetulan isteri saya dosen di sana). Kami sampai di Tanjung Pandan tadi pagi sekitar jam 8 pagi dan kemudian seharian menghabiskan waktu ke Belitung Timur.

Sebenarnya tidak banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di Belitung Timur, tetapi setidaknya ada satu hal yang menarik perhatian saya. Di Desa Gantong – Belitung Timur, terdapat Museum Kata Andrea Hirata, sang penulis kisah Laskar Pelangi yang sudah difilmkan beberapa tahun yang lalu. Di sana terdapat banyak artefak yang berkaitan dengan kisah Laskar Pelangi ini, dan itulah yang sampai saat ini menjadi daya pikat Belitung Timur di samping beberapa obyek wisata alam seperti Pantai Lalang dan Pantai Burung Mandi.

bl20Buat kebanyakan masyarakat Belitung, Andrea Hirata dianggap berjasa dan mampu mengangkat nama Belitung sehingga menjadi terkenal. Sebelumnya tidak banyak orang yang mengenal Belitung selain sebagai pulau yang pernah menjadi penghasil timah. Nah, karya Andrea Hirata mampu membawa Belitung terkenal di sisi lain, bahkan tidak berlebihan dikatakan membawa dampak ekonomi yang signifikan, terutama untuk pariwisata. Andrea Hirata juga membuat semacam museum kata di sana dan juga menjadi daya tarik daerah ini.

Berkaitan dengan sosok Andrea Hirata, yang akhir-akhir ini menjadi perdebatan oleh berbagai pihak, apakah dia menulis karya sastra atau bukan, buat saya yang bukan ahli sastra, perdebatan itu tidaklah penting. Saya memberikan kekaguman terhadap dampak ekonomi yang diberikan oleh Laskar Pelangi terhadap wilayah Belitung Timur dan Belitung secara umum. Industri pariwisata menjadi semakin marak, bahkan operator wisata yang memandu kami mengatakan bahwa mereka kewalahan untuk memenuhi permintaan dari berbagai pihak untuk datang berwisata ke Belitung. Mereka juga memiliki kesempatan untuk memperkenalkan potensi-potensi wisata di pulau Belitung, terutama keindahan pantai dan pulau-pulau sekitarnya.

bl07

Apa yang dilakukan Andrea Hirata adalah suatu contoh bagaimana suatu langkah kecil yang sangat serius mampu memberikan dampak yang sangat besar untuk ekonomi dan masyarakat. Bahkan masyarakat Belitung pun dengan senang hati menyebut pulau mereka adalah tanah Laskar Pelangi. Suatu bentuk penghormatan kepada Andrea.

Sudahkah anda mengunjungi Belitung?

Salam
Riri

3 responses

  1. […] ya, saya menulis dampak ekonomi Laskar Pelangi ini ke Belitung di sini. Buat kebanyakan masyarakat Belitung, Andrea Hirata dianggap berjasa dan mampu mengangkat nama […]

  2. […] setidaknya ada satu hal yang menarik perhatian saya. Di Desa Gantong – Belitung Timur, terdapat Museum Kata Andrea Hirata, sang penulis kisah Laskar Pelangi yang sudah difilmkan beberapa tahun yang lalu. Di sana terdapat banyak artefak yang berkaitan […]

  3. […] saya sangat terkagum-kagum dengan potensi wisata yang dimiliki oleh Belitung. Tidak bisa disangkal, Andrea Hirata dan Laskar Pelangi sudah mengubah suasana di pulau ini di mana kegiatan pariwisata berkembang demikian pesat, bahkan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s