KOMUNITAS DAPUR SASTRA JAKARTA

PinanganTadi malam (03/03/2013) saya berkenalan dengan beberapa penyair yang tergabung dalam komunitas Dapur Sastra Jakarta. Saya diajak oleh sahabat saya si Merpati Liar alias Wild Dove alias Ling ngumpul dengan mereka. Komunitas ini baru saja menerbitkan buku yang berjudul “Kumpulan Puisi Pinangan : Karya 35 Penulis dari Dapur Sastra Jakarta”. Sahabat saya Si Wild Dove tergabung ke dalam komunitas ini serta salah satu dari 35 penulis yang karyanya dimuat dalam buku tersebut.

dove12Obrolan santai dan hangat itu berlangsung di sebuah kafe di Taman Ismail Marzuki (TIM), tempat berkumpulnya komunitas pekerja seni di Jakarta. Satu hal yang saya amati dari para penyair ini, mereka terlihat sangat menikmati hidup dan penuh kegembiraan, walaupun menyimpan kegelisahan mengenai berbagai hal terutama sosial kemasyarakatan. Kegelisahan itulah yang umumnya mereka tuangkan ke dalam tulisan-tulisan, baik dalam bentuk prosa maupun puisi, dengan maksud supaya bisa menggugah para pembicanya mengenai berbagai realitas sosial yang terjadi.

dove7Saya berkenalan dengan seorang penyair dan penulis kawakan / senior, yaitu Remmy Novaris DM yang sudah mulai menulis sejak tahun 1976. Beliau memiliki sederet prestasi dan penghargaan di bidang sastra dan tentu saja sudah menerbitkan karya yang jumlahnya sangat banyak. Sekarang Pak Remmy banyak berkecimpung dalam upaya penerbitan indie-lable yang sifatnya non-profit. Selain Pak Remmy, ada lagi nama Hairul Haq, yang sudah menulis puisi dan cerita pendek sejak tahun 1990. Beliau banyak aktif dalam berbagai organisasi kesenian Betawi. Remmy, Hairul, dan Ling tergabung dalam komunitas Dapur Sastra Jakarta.

Menyimak pembicaraan mereka, ternyata dunia per-sastra-an itu banyak ceritanya juga. Setiap penulis itu kelihatannya punya “ideologi” masing-masing. Sering terjadi “benturan ideologi”, dan bahkan juga ada istilah “pengadilan puisi”. Seru bukan? Ternyata “konflik” juga terdapat diantara para “budayawan” ini, yang mungkin susah untuk dipahami oleh orang-orang di luar dunia mereka ini .. hehehe ..

Oh ya, pada kesempatan itu, saya juga dikasih satu buku “Kumpulan Puisi Pinangan : Karya 35 Penulis dari Dapur Sastra Jakarta” yang mereka terbitkan.

Terima kasih kawan-kawan .. Tetaplah berkarya.

Salam
Riri

dove11

dapur sastra jkt

11 responses

  1. ini berdomisili di jakarta mana ya??

    1. ini adalah forum di dunia maya … kalau ngumpul biasanya di Taman Ismail Marzuki (TIM) atau tempat lain yang disepakati..

  2. Selamat malam, maaf saya ingin bertanya. Apakah Komunitas Dapur Sastra masih aktif sampai saat ini? Saya mencoba mencari fanpage-nya di Facebook tapi tidak berhasil menemukannya. Bagaimana caranya kalau ingin bergabung? Terima kasih sebelumnya🙂

  3. Mas Riri, bagaimana caranya gabung di Komunitas Dapur Sastra Jakarta?

    1. ada page-nya di facebook .. https://www.facebook.com/groups/307361399294987/ .. silakan gabung saja .. salam

  4. keren.. bagus.. mau donk ikutan gabung di komunitas tersebut. gimana caranya yah?

  5. Nunung Noor El Niel | Balas

    Untuk saudara Riri yang sudah bergabung di Dapur Sastra Jakarta, selamat datang dan selamat menikmati karya teman-teman di DSJ ini.
    Dan kami, keluarga besar DSJ, tentu merasa gembira dengan kehadiran Anda. Terutama setelah membaca tulisan perkenalan Anda di DSJ ini, sungguh membesarkan hati kami, karena Anda tampaknya begitu kritis dan detil memperhatikan kinerja teman-teman di grup ini. Bahkan Anda memahami bagaimana perseran-pergeseran ideologi para penulis di grup DSJ ini.

    Atas perhatian Bung Riri yang begitu besar kepada grup ini, kami keluarga besar DSJ mengucapkan terimakasih dan salam kekeluargaan untuk Anda.

    Salam DSJ

    1. terima kasih Mbak Nunung … salam juga😀

      1. Nunung Noor El Niel

        sama-sama ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s