TALKSHOW MOTIVASI DAN KARIR REUNI PATAKA 83

pataka3

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman saya Christian Siboro mendapatkan tugas yang menarik sekaligus unik. Kami diminta untuk merancang sebuah acara untuk memberikan pencerahan atau motivasi berkaitan dengan karir dan pekerjaan pada acara Reuni Pataka 83 atau Alumni AKABRI angkatan 1983, yang meliputi TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, dan Polri. Para alumni Pataka 83 ini telah menjalani pengabdian selama 30 tahun sejak mereka lulus pertama kali jadi perwira pada tahun 1983. Saat ini, sebagian besar dari mereka sudah mencapai pangkat perwira tinggi di kesatuan masing-masing, berusia antara 52 – 55 tahun, dan tak lama lagi akan memasuki masa pensiun atau purnabakti.

Nah, karena itulah para panitia acara tersebut merasa perlu mengadakan sesi pencerahan atau motivasi berkaitan dengan karir dan pekerjaan karena mereka akan selesai pengabdian di lingkungan TNI dan Polri, dan akan memasuki fase baru, baik di dunia bisnis, politik, pendidikan, dan sebagainya. Jangan sampai semangat mereka pun turun berbarengan dengan selesainya masa bakti mereka di TNI-Polri.

Akhirnya, kami berhasil meminta dua nara sumber, yaitu Rene Suhardono Canoneo dan Parsoroan Herman. Rene adalah seorang public speaker yang sangat aktif untuk topik-topik karir dan pekerjaan. Beliau sudah menulis beberapa buku berkaitan dengan hal tersebut, dan juga sering tampil di berbagai seminar, siaran di radio, dan juga kolumnis di harian Kompas. Sedangkan Parsoroan Herman adalah seorang pelaku bisnis dengan sarat pengalaman dan sekarang menjabat sebagai Direktur PT. Pelabuhan Indonesia IV di Makassar.

Panitia juga menyetujui saran kami untuk menuliskan semua pengalaman Pataka 83 ke dalam sebuah buku, di mana bisa menjadi kenang-kenangan dan sekaligus media pembelajaran untuk generasi yang lebih muda. Untuk itu, penulisan buku dipercayakan kepada Teguh S. Pambudi, seorang jurnalis dan redaktur pada majalah SWA, yang sudah berpengalaman dalam menulis buku yang berdasarkan riset dari berbagai sumber.

pataka6

pataka4Dari panitia pelaksana acara tersebut kami mendapatkan info bahwa acara talkshow nanti akan dipandu oleh trio PAS Mantap / OVJ yaitu Andre Taulany, Parto, dan Sule. Nah, bagaimana mengharmoniskan semua pihak yang berbeda profesi ini sehingga menjadi satu kesatuan paket acara yang menarik adalah suatu tantangan tersendiri. Di sinilah letak peranan saya dan Christian, menjadi pihak pengatur di belakang layar, dan kami pun bekerja sama dengan Niniek Agustini sebagai kepala event organizer acara tersebut. Oh ya, Niniek ini adalah seorang konsultan corporate communications, yang ikut serta menyiapkan personel polwan supaya bisa tampil di layar televisi dalam acara info lalu-lintas,

Minggu, 24 Februari 2013, acara berlangsung dengan sukses di Eco-Park Ancol … Semoga memberikan manfaat optimal kepada para anggota Pataka 83 ..

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s