KILAS BALIK 2012

Tahun 2012 segera berakhir dalam hitungan jam, dan tahun 2013 akan kita jelang. Buat saya, banyak kejadian tahun 2012 yang membuat tahun 2012 menjadi tak terlupakan. Berbagai peristiwa suka dan duka saya alami pada tahun 2012, membuat renungan atau kontemplasi mengenai jalannya hidup ..

papiAwal tahun 2012 ditandai dengan kedukaan mendalam pada keluarga saya, di mana Papi (Ayd. Chaidir Anwar) berpulang menghadap Sang Pencipta, tepatnya tanggal 16 Januari 2012, hanya dua hari sebelum Papi berulang tahun yang ke-74 (Papi lahir tanggal 18 Januari 1938). Papi dimakamkan di Tunggul Hitam Air Tawar Timur, tidak jauh dari rumah kami di Padang. Buat saya, Papi bukanlah sekedar orang tua dalam pengertian biologis, tetapi beliau sangat menanamkan banyak prinsip hidup kepada saya, termasuk bagaimana pemikirannya yang sangat mendalam mengenai pendidikan. Papi adalah sparring-partner saya dalam berdiskusi mengenai berbagai hal, mulai dari topik manajemen dan bisnis, pendidikan dan dunia kampus, sampai dengan filosofi hidup. Dalam berbagai kesempatan, saya sempat menjadi dosen pengganti Papi untuk mengajar di program Magister Manajemen di Padang, di mana kebetulan kami sama-sama mengajar topik manajemen stratejik. Buat saya, Papi adalah seorang sosok yang muncul terlalu cepat pada zamannya, sehingga banyak pemikirannya yang tidak bisa diikuti oleh kolega-koleganya, dan banyak yang Papi pikirkan bertahun-tahun yang lalu ternyata terbukti benar. Beberapa mantan mahasiswa Papi menuturkan kepada saya, bahwa Papi itu adalah dosen yang sangat keras dan tegas, tetapi sangat disenangi oleh mahasiswa karena dia mau membantu mahasiswa dalam studi sepenuh hati .. I really miss you, Dad .. may you rest in peace there .. berada di tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT. (Silakan baca di sini)

fem19Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2012, saya mendapatkan kehormatan diundang untuk menjadi salah seorang pembicara pada acara Dies Natalis XI Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) – Institut Pertanian Bogor (IPB). Acara ini adalah semacam diskusi setengah hari yang menandai dibukanya serangkaian acara Dies Natalis ini. Acara ini dibagi atas 2 (dua) sesi. Saya menjadi pembicara pada sesi kedua, bersama dengan Dekan FEM-IPB, Dr. Yusman Syaukat, dipandu oleh dosen senior FEM-IPN, Dr. Ma’mun Sarma. Pada sesi ini kami membahas tentang manajemen kinerja berbasis balanced scorecard. Dekan FEM-IPB memaparkan balanced scorecard FEM-IPB serta pencapaian indikator kinerja utama atau KPI-nya, serta rencana-rencana perbaikan yang akan dilakukan pada tahun 2012 ini. Pada kesempatan itu, saya memaparkan konsep dasar balanced scorecard, bagaimana proses implementasinya, serta sedikit memberikan masukan untuk balanced scorecard FEM-IPB. Acara ini diikuti oleh para pimpinan IPB, beberapa dekan dari berbagai fakultas di lingkungan IPB, serta tentu saja civitas akademika FEM-IPB. Selamat Dies Natalis XI FEM-IPB dan semoga mampu menjadi salah satu center of excellence pendidikan ekonomi dan manajemen di Indonesia. Terima kasih banyak atas undangan dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. (Silakan lihat di sini).

mertuaPada tanggal 27 Mei 2012, ibunda mertua (Jusni) pun berpulang menghadap Allah SWT, setelah mengalami sakit selama beberapa waktu. Beliau dimakamkan di Koto Tuo – Bukittinggi, di kampung asal keluarga besar isteri saya. Saya mengenal beliau sudah lama, sejak saya kenal dengan Iid jauh sebelum kami menikah, yaitu sekitar tahun 1987. Pada awal tahun 1988, saya mulai pacaran sama Iid, dan membuat saya semakin sering ketemu dengan beliau dan semakin mengenal beliau. Beliau selalu menempatkan saya dengan penuh rasa hormat di dalam keluarga, bahkan dalam beberapa kegiatan atau momen penting di keluarga besar isteri saya, Ibunda mertua selalu meminta saya untuk memainkan peranan penting. Sungguh suatu kehormatan buat saya sebagai menantu atau urang sumando di lingkungan keluarga besar isteri saya .. semoga Ibunda mertua selalu berada di tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT .. Amin.

raihanwisudaPada pertengahan tahun 2012, tepatnya tanggal 20 Juni, anak saya yang pertama, Raihan, berhasi menyelesaikan studinya di SD dan lulus dengan nilai yang sangat menggembirakan. Bahkan nilai ujian akhir nasional (UAN) dia sangat mengagetkan saya, jauh lebib tinggi daripada nilai harian dia di sekolah, sehingga nilai yang diberikan sekolah lebih rendah daripada nilai UAN. Ini berarti mutu pendidikan di SD Islam Al-Jannah tempat Raihan sekolah dinilai sangat baik. Ini juga tidak terlepas dari upaya Raihan yang memang belajar lebih keras saat duduk di kelas VI SD. Selepas itu, tepatnya awal Agustus 2012, Raihan melanjutkan ke SMP Islam Fajar Hidayah, yang tidak jauh dari rumah kami. Ternyata gaya belajar Raihan yang saya amati semakin membaik, termasuk kemampuan leadership dia di kelas, di mana dia masuk nominasi dalam pemilihan ketua kelas .. Well done my boy .. Daddy proud of you ..

VA2 LOGO smallPada tanggal 4 Juli, saya bersama dengan beberapa orang teman mendirikan Value Alignment Advisory (disingkat VA2). Ini adalah sebuah consulting firm yang dioperasikan oleh PT. Solusi Inovasi Dayaguna, dan memberikan jasa layanan di bidang manajemen dan organisasi. Mengapa kami memilih nama “value alignment”? Kami percaya bahwa keberhasilan bisnis atau kinerja organisasi secara umum pada dasarnya ditentukan oleh kemampuan untuk menyelaraskan (alignment) berbagai nilai-nilai (value) yang berada di dalam sistem yang melingkupi bisnis itu sendiri. Alhamdulillah, sampai akhir tahun 2012 ini, walaupun usianya masih muda, kami sudah mendapatkan banyak kepercayaan dari berbagai organisasi, baik perusahaan maupun institusi pemerintahan untuk menjadi konsultan ataupun nara sumber dalam berbagai workshop yang mereka selenggarakan, seperti PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, dan sebagainya. (Lihat tentang VA2 di sini).

Screen shot 2012-08-23 at 10.58.51 AMPada tanggal 28 September, saya ikut mengisi acara Indonesian Knowledge Forum (IKF) 2012 yang diselenggarakan oleh BCA Learning Service, bertempat di Ritz Carlton di kawasan SCBD Jakarta. saya menyampaikan topik yang berjudul “Network Economy and the Impact to Business Model“. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia Indonesia Knowledge Forum 2012 yang sudah mengundang saya sebagai salah satu pembicara. Sungguh menyenangkan bisa berada di forum tersebut, bertemu dengan orang-orang hebat dengan pemikiran-pemikiran hebat pula. Acaranya pun dikemas dengan nuansa yang apik sehingga tidak membosankan, plus panitianya juga sangat ramah dan informatif. (Silakan baca di sini, di sini, dan juga di sini).

Nah, itulah beberapa highlight kehidupan saya pada tahun 2012, menjadi bahan perenungan serta mensyukuri apa yang sudah diperoleh dan dilewati .. Semoga di tahun 2013 menjadi lebih baik lagi .. Amin.

Salam
Riri

One response

  1. […] Tulisan ini dibuat pada hari pertama di tahun 2014. Pada suasana tahun baru ini, saya juga ingin menuliskan kilas balik yang saya lalui selama tahun 2013 yang sudah berlalu. Kilas balik ini saya tulis untuk menjadi bahan kontemplasi mengenai perjalanan hidup. Pada awal tahun 2013 dulu pun saya menulis kilas balik saya pada tahun 2012. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s