SELAMAT JALAN PAK ABDUL MUTHALIB

IMG_5292Selasa, 18 Desember 2012, sebuah sms masuk ke handphone saya yang mengabarkan Pak Abdul Muthalib, seorang dosen senior di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia telah berpulang menghadap Allah SWT, Sang Pencipta, Yang Maha Kuasa, Pemilik Alam Semesta. Kepergian beliau sangat mengagetkan, karena beberapa hari sebelumnya saya masih sempat ngobrol banyak dengan Pak Thalib (begitu kami memanggil beliau) di kampus Magister Teknologi Informasi UI di Salemba. Beliau terlihat sangat sehat. Tetapi memang jika waktu kita di dunia sudah habis, maka ada saja cara untuk mengakhirinya. Beliau meninggal karena serangan jantung, begitu kabar yang diterima.

Pak Thalib adalah dosen saya sewaktu saya kuliah di program S1 Ilmu Komputer di Universitas Indonesia pada kurun waktu 1988-1993. Menjelang akhir studi saya di tahun 1992-1992, saya dipercaya oleh kampus untuk menjadi koordinator asisten laboratorium multimedia, dan saat itu Pak Thalib adalah Koordinator Sarana Akademis yang membawahi semua asisten yang direkrut dari mahasiswa, termasuk saya. Setelah penugasan saya selesai di laboratorium multimedia tersebut, Pak Thalib memberikan semacam surat keterangan pernah bertugas dan memberikan penilaian sangat memuaskan (A+) untuk pekerjaan saya selamat menjadi asisten. Terima kasih Pak.

Pak Thalib ini termasuk unik di kampus Fakultas Ilmu Komputer UI. Saya masih ingat, saat itu beliau itu menekuni topik jaringan komputer, tetapi pendidikan beliau adalah seorang sarjana ekonomi lulusan Fakultas Ekonomi UI. Beliau adalah salah satu generasi pertama dosen yang mendirikan Fakultas Ilmu Komputer UI.

Saya kontak kembali dengan Pak Thalib pada tahun 2005, saat saya dipercaya untuk ikut mengajar pada program Magister Teknologi Informasi (MTI) Universitas Indonesia. Saya ditandemkan dengan Pak Thalib untuk ikut mengasuh kuliah Manajemen Perubahan dan Proyek Teknologi Informasi (MPPTI). Saya ditugaskan oleh Pak Thalib mengisi sesi yang berkaitan dengan manajemen perubahan dan soft-side dari manajemen proyek seperti aspek komunikasi, manajemen SDM, dan sebagainya. Saya mengasuh kuliah MPPTI ini cukup lama bersama Pak Thalib. Mulai tahun 2010 saya tidak lagi ditugaskan di kuliah MPPTI, dan dipercaya untuk ikut mengasuh kuliah Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah (MPPI) serta Perencanaan Strategis Sistem Informasi (PSSI).

Banyak hal-hal yang saya pelajari dari Pak Thalib, baik selama berstatus sebagai mahasiswa, maupun sebagai dosen yang lebih muda dan mengasuh mata kuliah yang sama. Beberapa tahun terakhir ini beliau juga dipercaya menjadi direktur pada Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom-UI) dan hal itu membuat saya cukup banyak berdiskusi dengan beliau mengenai profesi konsultan.

Selamat jalan Pak Thalib, tuntas sudah tugas di dunia ini, dan kami pun mengantarkanmu ke tempat peristirahatan terakhir, sambil memunajatkan doa untukmu menghadap Sang Khalik ..

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Riri

One response

  1. ass. Om Riri.
    saya Tara, putri tertua Pak Thalib. Terima kasih atas tulisan Om. Sungguh saya sangat berterima kasih bahwa ternyata saya sadari papa sedikit banyak telah memberi dampak dan kenangan pada Om dan banyak orang.

    Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya utk papa apabila ada kekhilafan yang dilakukan papa baik sengaja atau tidak. Terima kasih atas doa dan support-nya.

    Saya mewakili pihak keluarga ingin berterima kasih dan berdoa semoga Om dibalas kebaikannya utk papa. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

