MENGGUGAT PEMAHAMAN

foucaultApakah makna dari kata “government“? Kalau dalam bahasa Inggris, “to govern” bermakna mengatur atau mengelola, kata-kata “governance” bermakna tata kelola, dan tentu saja “government” bermakna pihak yang mengelola atau yang menyusun, menjalankan, serta mengawasi tata kelola, dalam hal ini tata kelola bernegara dan bermasyarakat. Tetapi kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka kata-kata “government” bermakna pemerintah. Nah, kita sama-sama tahu bahwa makna “mengelola” tentu berbeda dengan “memerintah”. Kedua hal ini juga memiliki paradigma yang sangat berbeda. Hal yang sama, di suatu tempat dimaknai berbeda dengan pemaknaan di tempat lain.

Dengan memaknai “government” sebagai “pemerintah”, maka secara tidak sadar maka menempatkan pihak yang mengelola negara ini sebagai pihak yang memberi perintah, memberi kesan otoriter. Itu pulalah yang akhirnya secara tidak sadar akan membentuk perilaku individu dan budaya organisasi aparat penyelenggara negara di republik ini.

Inilah yang ingin disampaikan oleh Foucault dalam bukunya “The Order of Things”. Ini sebenarnya adalah buku lama, pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Perancis pada tahun 1966 (sebelum saya lahir), dan edisi Bahasa Inggris diterbitkan pertama kali tahun 1970 (tahun pas saya lahir). Saya tidak sengaja menemukan buku ini di toko buku “Books and Beyond” di Karawaci Tangerang beberapa waktu yang lalu. Beberapa resensi menyebutkan bahwa buku ini adalah salah satu karya ilmiah Foucault yang paling signifikan dalam dunia filsafat ilmu pengetahuan. Buku lainnya yang menjadi karya besar Foucault adalah “The Archaeology of Knowledge” yang diterbitkan tahun 1968.

Apa yang ingin disampaikan Foucault? Dia berargumen bahwa pada hakekatnya manusia itu memahami sesuatu di dalam alam ini sangat tergantung kepada paradigma yang dia miliki, walaupun akhirnya ilmu pengetahuan itu juga nanti akan kembali mempengaruhi paradigma tersebut. Manusia tidak akan terlepas dari hal ini. Jika kita mengamati sesuatu fenomena yang baru, maka kita akan mencoba memahaminya dengan menggunakan perspektif kita sendiri, sangat tergentung kepada budaya dan paradigma kita yang ada saat itu. Pemahaman akan bergeser sedikit demi sedikit seiring dengan perjalanan waktu.

Kembali ke makna kata-kata “government“, maka bisa jadi pemahaman kita di negara ini dipengaruhi oleh budaya monarki sebagai sisa-sisa peradaban masa lalu di bumi nusantara ini. Berbeda dengan negara Amerika Serikat yang pada awal terbentuknya sudah berbentuk republik. Dengan demikian, cara memaknai kata-kata “government” pun bisa berbeda. Mungkin begitu penjelasannya.

Nah, dengan bersandar kepada argumen Foucault, maka kata-kata “open mind” atau “berpikir terbuka” itu tentu sangat susah untuk diwujudkan dengan baik, karena masing-masing kita akan memahami segala sesuatunya dengan koridor berpikir berdasarkan budaya dan paradigma yang dimiliki. Dengan demikian, suatu proses dialog sangat penting dilakukan untuk menyamakan makna. Itulah sebabnya dalam ilmu sosiologi, dialog sosial sangat diperlukan untuk membentuk suatu peradaban masyarakat.

Jadi apakah itu keteraturan (the order of things) itu? Jawabannya, tergantung kepada apa yang dikontruksi oleh ruang pikiran manusia. Dimensi keteraturan yang mampu diamati oleh si A belum tentu bisa diamati juga oleh si B. Seperti common wisdom yang mengatakan bahwa kita mengamati semesta ini bagaikan orang buta yang melihat gajah, di mana masing-masing kita gagal melihat secara utuh dan hanya memahami secara parsial. Keteraturan secara utuh dapat dilihat apabila kita melakukan “dialog sosial” dalam tatanan masyarakat kita, untuk saling memahami.

Bagaimana menurut Anda?

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s