MANAJEMEN DASAR UNTUK BUMIDA 1967

Kemarin (Jum’at, 23 Nov. 2012) saya memberikan workshop singkat setengah hari mengenai manajemen dasar dan pemecahan masalah untuk para calon supervisor pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 atau dikenal dengan istilah Bumida. Ini adalah sebuah perusahaan asuransi umum yang juga merupakan anak perusahaan dari AJB Bumiputera 1912, sebuah provider asuransi jiwa yang terbesar dan tertua di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pendidikan Manajemen Dasar yang diselenggarakan untuk pengembangan SDM di Bumida.

Dalam waktu yang sangat singkat, saya harus mampu menjelaskan prinsip dasar manajemen dan pemecahan masalah kepada para peserta. Seperti biasa, saya lebih menyenangi metode workshop dalam bentuk permainan atau simulasi serta diskusi kelompok / kelas daripada tutorial. Dalam waktu singkat itu, sekitar 4 jam efektif, saya mengajak para peserta untuk melakukan simulasi dalam bentuk permainan kelompok di mana peserta harus memecahkan persoalan mengenai baris-berbaris yang dikenal dengan istilah traffic-jam game.

Hal ini tidak akan bisa dipecahkan dan diselesaikan jika tidak terdapat kerjasama kelompk yang bagus, adanya pemimpin yang mengarahkan, adanya pemikir yang mencari solusi, serta adanya eksekutor lapangan yang handal. Dengan simulasi ini, mereka bisa mempelajari, apa sesungguhnya esensi dari prinsip manajemen, yaitu merencanakan sesuatu, mengorganisasikannya, mengarahkan, dan tentu saja mengendalikan eksekusinya. Pada akhir simulasi, saya dan peserta mendiskusikan mengenai apa yang menjadi lesson-learned pada permainan tadi.

Berikutnya saya mengajak peserta untuk lebih dalam melakukan diskusi kelompok mengenai analisis masalah dan pembuatan keputusan, semuanya dilakukan dalam upaya untuk memecahkan masalah yang ada di dalam pekerjaan. Setiap kelompok mengangkat isu atau masalah yang terjadi pada pekerjaan sehari-hari, lalu mencoba melakukan analisis akar masalah (root causes) dengan menggunakan diagram tulang ikan (fish-bone analysis), dan merekomendasikan solusi jangka pendek dan jangka panjang untuk penyelesaiannya. Berhubung ini adalah program pendidikan manajemen dasar serta adanya keterbatasan waktu, saya tidak berharap mereka mampu melakukan analisis yang sangat kompleks, melainkan minimal mereka mampu menunjukkan suatu sistematika berpikir yang baik dan lojik dalam analisis dan memberikan solusi. Setelah itu, kami mendiskusikan semua hasil pekerjaan kelompok secara panel di kelas.

Menurut saya, para peserta ini memiliki kemampuan yang baik, dan diskusi pun berlangsung dengan santai tetapi serius / kritis dalam membahas substansi. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, selamat dan sukses untuk semua peserta, semoga memberikan manfaat untuk Bumida.

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s