MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI UNTUK KPK RI

Mulai hari ini (Senin, 19 Nov 2012) selama empat hari, kembali saya bersama tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2) mendapatkan kesempatan untuk memandu workshop tentang manajemen SDM berbasis kompetensi (CBHRM) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Ini adalah lanjutan dari workshop sebelumnya tentang manajemen kinerja berbasis balanced scorecard. Dalam manajemen SDM modern, kita mengenal istilah talent management, diantara adalah melakukan pembinaan SDM dengan memperhatikan aspek prestasi atau hasil kerja (diperoleh dari realisasi pencapaian indikator kinerja utama yang diturunkan dari balanced scorecard) serta aspek potensi atau kompetensi yang dimiliki seorang karyawan. Itulah sebabnya, seringkali konsep balanced scorecard dianggap bersaudara kembar dengan konsep manajemen SDM berbasis kompetensi.

Pada hari ini, pembahasan banyak difokuskan kepada evolusi konsep dan praktik manajemen SDM, mulai dari zaman manajemen personalia atau kepegawaian, lalu diikuti dengan era pengembangan SDM atau human resource development (HRD), sampai dengan konsep mutakhir tentang human capital. Juga dibahas konsep HR value proposition, serta tantangan-tantangan dalam manajemen SDM modern.

Pada hari-hari berikutnya, pembahasan akan difokuskan kepada aspek praktikal, yaitu membangun kamus kompetensi, membangun standar kompetensi jabatan, serta membangun sistem manajemen SDM berbasis kompetensi seperti pengembangan SDM, manajemen karir, dan sebagainya. Seperti biasa, workshop dipandu dengan porsi banyak latihan dan diskusi.

Ini adalah kesekian kalinya kami diundang oleh KPK RI (antara lain di sini, di sini, di sini, dan juga di sini) …

Terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan dan semoga memberi manfaat untuk pengembangan organisasi KPK RI.

Salam
Riri

3 responses

  1. […] saya di KPK dapat dilihat di sini, di sini, di sini, di sini, serta di […]

  2. […] Komisi Pemberantasan Korupsi RI (dan juga ini) […]

  3. […] Kami juga dipercaya untuk menyelenggarakan dua workshop yang cukup penting untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menjelang akhir tahun 2012 yang lalu, yaitu tentang sistem manajemen kinerja berbasis balanced scorecard, serta manajemen SDM berbasis kompetensi. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s