DARI KOMPASIANIVAL 2012

Tadi siang (17/11/2012) saya bertandang ke Gandaria City Jakarta untuk melihat acara Kompasianival 2012, yaitu ajang kopi darat para blogger di Kompasiana. Saya sendiri sudah lama bergabung dengan Kompasiana, yaitu sejak tahun 2009, tetapi tidak terlalu aktif menulis, dan baru agak aktif akhir-akhir ini. Tetapi ajang kopi darat Kompasiana ini selalu menarik minat saya, dan saya sudah menghadiri acara ini sejak pertama kali dilakukan dulu di Bentara Budaya Jakarta tanggal 23 Februari 2009.

Acara Kompasianival 2012 ini memang terkesan lebih megah dibandingkan dengan acara sejenis tahun yang lalu di FX Plaza. Ruang acara jauh lebih besar, dan aktivitasnya juga lebih banyak. Informasi mengenai berbagai komunitas dunia maya (blogger) juga banyak disajikan di sini. Tak ketinggalan Kompas TV pun melakukan shooting acara talkshow di sini (pasti topiknya dengan media sosial atau dunia maya, karena saya lihat ada Nukman Luthfie di sana). Komunitas Blood For Life (BFL) (@Blood4LifeID), Save Street Child (@savestreetchild), serta Akademi Berbagi (@akademiberbagi) juga ada di sini, dan kelihatannya komunitas ini memang selalu muncul dalam setiap acara yang berkaitan dengan social media alias blogging dan dunia maya, seperti pada Social Media Festival 2012 yang lalu.

Pada kesempatan ini, saya kesampaian juga ketemu dengan orang di balik layar Kompasiana, seorang teman lama, Kang Pepih Nugraha (@pepih), yang sudah menulis buku tentang “Citizen Journalism” yang merupakan pandangan, pemahaman, serta pengalaman Kang Pepih sendiri terutama selama ikut mengelola Kompasiana. Tak disangka, Kang Pepih masih ingat dengan saya, dan akhirnya kami pun sempat ngobrol mengenai dunia social media saat ini. Saya pun bercerita mengenai riset saya mengenai social media dan business strategy, yang saya sampaikan pada Indonesia Knowledge Forum 2012 yang lalu. Terlihat Kang Pepih pun antusias mendengarkannnya. Terima kasih Kang🙂

Selamat untuk Kompasiana, semoga selalu mampu menjadi yang terdepan untuk citizen journalism di Indonesia, dan memberikan manfaat untuk masyarakat banyak.

Salam
Riri

NB : tulisan ini juga ditayang di Kompasiana

One response

  1. Aku senang dapat membaca semua tulisan ini, namun saya lebih bangga karena foto bareng Kang Pepih, ternyata saya lah pemotretnya. Salam kenal dan semoga Bang riri trus sukses dalam segala aktifitasnya.

Tinggalkan Balasan

