KITA BUTUH PAHLAWAN UNTUK MELAWAN PENJAJAHAN BARU

Saya pernah menulis tentang bagaimana saya memaknai kata-kata “kepahlawanan” dalam konteks saat ini. Tulisan itu saya tulis persis dua tahun yang lalu, yaitu tanggal 10 November 2010. Silakan lihat di sini.

Menurut hemat saya, kepahlawanan atau bahkan pahlawan itu sejatinya melekat kepada sikap atau tindakan dalam merespon suatu kejadian. Jadi kepahlawanan itu melekat kepada sikap. Sikap kepahlawanan itu adalah suatu keikhlasan untuk memberi sesuatu (dan tingkat tertinggi adalah rela mempertaruhkan nyawanya) untuk memberikan manfaat (yang tertinggi adalah menyelamatkan nyawa) kepada orang lain.

… menurut saya, kepahlawanan itu melekat kepada sikap seseorang, dan tidak harus orang itu menjadi seseorang yang sempurna atau suci lahir dan batin. Pahlawan juga manusia biasa, tetapi kelebihan mereka adalah, mereka ikhlas memberikan sesuatu untuk kehidupan ini …

Generasi terdahulu sudah menunaikan tugasnya dengan baik menjadi pahlawan untuk memerdekakan bangsa ini dari penjajahan asing. Mereka bertempur dengan heroik dan semangat tinggi melawan para penjajah asing yang memiliki persenjataan yang jauh lebih modern saat itu. Hasilnya, kita merdeka dan berhasil membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat.

Saat ini, sesungguhnya kita masih membutuhkan pahlawan-pahlawan untuk memerdekakan bangsa ini dari penjajahan baru, yaitu kesenjangan ekonomi, kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kejahatan, korupsi, narkoba, dan sebagainya. Kita juga membutuhkan pahlawan-pahlawan yang mampu memotivasi bangsa ini untuk lebih maju lagi sehingga menjadi bangsa yang adil dan makmur, bangsa yang madani, seperti yang diidamkan.

Selamat Hari Pahlawan, semoga kita bisa memetik hikmahnya.

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s