BACK TO PPM …

Setelah satu tahun lebih absen mengajar di program Magister Manajemen PPM, maka sejak bulan Oktober 2012 yang lalu, saya kembali mengajar di sini. Beberapa minggu yang lalu, saya mengajar di kelas Organization Diagnosis and Strategic Management (ODSM) pada program Magister Manajemen WM-67. Saya kebagian sesi yang berkaitan dengan balanced scorecard, sesuatu yang memang saya tekuni dalam profesi sehari-hari sebagai konsultan.

Para peserta program Magister Manajemen WM-67 ini adalah mereka yang belum lama lulus dari program S1, sehingga memang pengalaman kerja mereka belum banyak. Dengan demikian, pemahaman mengenai aspek teori atau konsep menjadi sangat dominan. Pemahaman mengenai balanced scorecard dan teknik-tekniknya lebih banyak diberikan, sementara diskusi mengenai pengalaman atau opini praktis mengenai balanced scorecard tidak banyak dilakukan. Berbeda dengan para peserta program Magister Manajemen Eksekutif, mereka sudah memiliki jam terbang pengalaman kerja yang lumayan banyak, sehingga diskusi mengenai implementasi atau aspek praktis bisa dilakukan dengan baik.

Kemudian, dua hari belakangan ini saya mengajar pada kuliah Organization Development and Change Management (ODCM). Kelas ODCM ini adalah international class sehingga juga diikuti oleh beberapa mahasiswa asal Bordeaux Management School di Perancis sebanyak delapan orang, di mana PPM punya kerja sama dengan sekolah tersebut. Mengajar dengan menggunakan case-based teaching method sungguh exciting buat saya, apalagi dengan menggunakan Bahasa Inggris, menjadi lebih menantang.

Saya membawakan dua kasus manajemen perubahan dari Harvard Business School, yaitu National Geographic Society, serta kasus tentang Shanghai Mechanical and Eletcronical Online. Keduanya menjelaskan bagaimana manajemen perubahan dilakukan untuk menghadapi tekanan-tekanan lingkungan bisnis yang berubah, terutama memasuki era network economy.

Saya sangat puas karena diskusi di kelas tersebut berlangsung dengan baik, walaupun dilakukan dalam Bahasa Inggris. Mungkin karena mahasiswa asingnya berasal dari Perancis, maka Bahasa Inggris mereka pun hampir setara dengan mahasiswa asal Indonesia, jadi tidak terlalu mempengaruhi jalannya diskusi di kelas. Nuansa diskusi di kelas cukup seru!

Well, it’s glad to back again to PPM.

Salam
Riri

One response

  1. […] Manajemen Eksekutif (MME) yang diikuti oleh para eksekutif senior. Selain itu juga ada kelas Magister Manajemen untuk Eksekutif Muda di PPM (juga di […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s