FGD E-GOV DAN PELAYANAN PUBLIK PADA DITJEN HKI KEMKUMHAM

Tadi pagi sampai siang (07/11/2012) saya diundang menjadi narasumber pada acara focus group discussion (FGD) untuk membahas e-government dan pelayanan publik dalam rangka implementasi reformasi birokrasi di lingkungan Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI. Acara berlangsung di Hotel Santika Serpong dan diikuti oleh para pimpinan dan staf bidang teknologi informasi pada instansi tersebut.

Pada kesempatan itu saya tetap menekankan bahwa implementasi teknologi informasi atau pembentukan e-government harus bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik sebagai salah satu dari sembilan pilar Reformasi Birokrasi gelombang kedua yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan demikian, strategi implementasinya haruslah berupa pull-strategy, bukan push-strategy. Dengan demikian, organisasi harus memiliki blue-print pengembangan (berbentuk IS/IT master plan) terlebih dahulu yang diturunkan dari strategi pelayanan publik yang akan dilakukan. Setelah itu, baru dikembangkan aspek lain dalam e-government, yaitu untuk kebutuhan internal seperti untuk kepegawaian, serta hubungan dengan instansi pemerintahan yang lain.

Diskusi dilanjutkan dengan membahas berbagai indikator kinerja utama (key performance indicators / KPI) untuk e-government atau teknologi informasi di lingkungan pemerintahan. Pembahasan mencakup bagaimana memilih suatu KPI dilanjutkan dengan berbagai alternatif KPI dan teknik pengukurannya.

Terima kasih atas undangan yang diberikan, dan semoga memberikan manfaat untuk e-government pada Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Salam
Riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s