BALANCED SCORECARD AND OSM WORKSHOP UNTUK KPK RI

Kemarin (01/11/2012) seharian saya bersama tim konsultan dari Value Alignment Advisory (VA2) kembali diundang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk mengisi pelatihan dengan balanced scorecard (BSC) dan office of strategy management (OSM). Berbeda dengan kegiatan sejenis sebelumnya, maka acara kali ini adalah sebuah workshop satu hari lengkap dengan latihan serta diselingi oleh sharing session mengenai pengalaman menjadi konsultan implementasi balanced scorecard di berbagai tempat oleh tim konsultan VA, yaitu Henry, Robbi, dan Haris.

Pelatihan ini diikusi oleh sekitar 30 orang dari Deputi Informasi dan Data KPK RI. Pada sesi latihan, kami bersama membahas strategy map Deputi Informasi dan Data lengkap dengan indikator kinerja utama dan inisiatif strarejik. Waktu satu hari penuh tak terasa cepat berlalu. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta, terutama berkaitan dengan balanced scorecard. KPK RI sendiri adalah lembaga negara yang kedua yang menggunakan balanced scorecard sebagai alat manajemen kinera, yaitu pada tahu 2005, setelah Bank Indonesia. Ini berarti lebih dahulu jika dibandingkan dengan Kementerian Keuangan, yang saat ini banya menjadi benchmark dari berbagai kementerian dan lembaga negara dalam hal implementasi balanced scorecard.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh KPK RI. Semoga bermanfaat.

Salam
Riri

4 responses

  1. […] saya di KPK dapat dilihat di sini, di sini, di sini, di sini, serta di […]

  2. […] adalah kesekian kalinya kami diundang oleh KPK RI (antara lain di sini, di sini, di sini, dan juga di sini) […]

  3. […] (KPK) RI. Ini adalah kesekian kalinya kami diundang oleh KPK RI (antara lain di sini, di sini, dan juga di sini) […]

  4. salam kenal Pak Riri dari Pontianak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s