TEKNIK KONSULTASI UNTUK KPK RI

Kemarin (22/10/2012), saya ditemani tim konsultan dari Value Alignment Advisory (VA2) kembali diundang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk mengisi acara sharing session setengah hari dengan topik “Teknik Konsultasi” kepada para pimpinan dan staf Deputi Pencegahan di KPK RI. Awalnya saya juga bingung, untuk apa KPK RI menyelenggarakan sharing session tentang teknik konsultasi? Apakah KPK RI akan menjadi organisasi konsultan? Pertanyaan yang menggelitik dan sekaligus mengundang rasa ingin tahu.

Ternyata jawabannya adalah, tugas pimpinan dan staf Deputi Pencegahan KPK RI ke depan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan profesi konsultan. Mereka harus mampu menjadi konsultan untuk berbagai Kementerian dan Lembaga Pemerintah di Indonesia supaya praktik tindak pidana korupsi itu menurun. Mereka harus mampu memberikan masukan mengenai peraturan organisasi, mana yang memberi peluang terjadinya korupsi, mana yang tidak, saran perbaikan, memberikan pertimbangan, dan sebagainya. Intinya, mereka ini harus bergerak labih banyak supaya tindak pidana korupsi tidak terjadi atau dapat ditekan. Menurut pendapat saya, inilah sesungguhnya tugas terberat KPK RI, yaitu pencegahan korupsi, bukanlah penindakan (walaupun penindakan ini tidak kalah berat juga).

Memang kata-kata “pemberantasan” dalam judul organisasi ini, Komisi Pemberantasan Korupsi, memiliki makna yang sangat luas. Pemberantasan bukan hanya berarti menindak para pelaku yang sudah melakukan korupsi, tetapi makna yang tidak kalah berat adalah bagaimana mencegah terjadinya suatu tindak pidana korupsi, dan yang paling berat adalah bagaimana menumbuhkan mindset sedini mungkin di generasi muda Indonesia bahwa korupsi itu adalah perbuatan tercela dan nista.

Terima kasih kami ucapkan kepada KPK RI atas kepercayaan yang diberikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat untuk KPK RI dalam menjalan tugas pokok dan fungsinya.

Salam
Riri

3 responses

  1. […] saya di KPK dapat dilihat di sini, di sini, di sini, di sini, serta di […]

  2. […] adalah kesekian kalinya kami diundang oleh KPK RI (antara lain di sini, di sini, di sini, dan juga di sini) […]

  3. […] Korupsi (KPK) RI. Ini adalah kesekian kalinya kami diundang oleh KPK RI (antara lain di sini, di sini, dan juga di sini) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s