TIPE MANUSIA DALAM RAPAT

Pengalaman saya dalam rapat atau diskusi, kita mengenal beberapa tipe manusia :

Mr/Mrs/Ms. ALWAYS QUESTIONING : selalu bertanya tentang ini dan itu, mempertanyakan situasi dan kondisi, tapi susah untuk memberi solusi –> Jadikan dia sebagai ujung tombak dalam fase brainstorming untuk mempertajam analisis. Tapi saat merumuskan solusi, sebaiknya dia tidak banyak terlibat. Di sisi lain, orang tipe ini akan sering dituduh memperlambat rapat, bertele-tele, terlalu filosofis, dan tidak efisien.

Mr/Mrs/Ms. ALWAYS DEBATE : selalu mempertajam perbedaan alias sharpen the differences, susah untuk berkompromi, selalu melihat banyak hal secara dikotomi –> Jadikan dia sebagai ujung tombak dalam menguji berbagai analisis yang muncul supaya lebih tajam. Tapi saat merumuskan solusi, sebaiknya dia tidak banyak terlibat. Di sisi lain, orang tipe ini akan sering dituduh membuat rapat / diskusi deadlock, mau menang sendiri, berpikiran sempit, dan tidak menghargai orang lain

Mr/Mrs/Ms. LOT OF IDEAS : selalu punya ide-ide kreatif dalam melihat masalah dan memberikan solusi, mampu thinking out of the box –> Berikan dia kesempatan bicara setelah Mr. Always Questioning bicara, dan biarkan dia diskusi mendalam dengan Mr. Always Debate dan Mr. Scientific Theory. Kita bisa memperoleh ide-ide brilian sekaligus diuji ketajaman dan validitasnya. Di sisi lain, orang tipe ini akan sering dituduh terlalu banyak mengkhayal, tidak membumi, tidak praktis, tanpa analisis, dan langsung jump to conclusion.

Mr/Mrs/Ms. SCIENTIFIC THEORY : punya wawasan konsep / teori ilmiah yang luas dan sangat rasional dalam berpikir –> Sama dengan Mr. Lots of Ideas, berikan dia kesempatan bicara setelah Mr. Always Questioning bicara. Lalu biarkan dia diskusi mendalam dengan Mr. Always Debate dan Mr. Lots of Ideas. Di sisi lain, orang tipe ini akan sering dituduh terlalu teoritis, njelimet, tidak membumi, bikin ruwet, bertele-tele.

Mr/Mrs/Ms. COMPROMIZE : selalu ingin mencari win-win solution dengan memperhatikan debat yang terjadi, walau dia sadar bahwa solusi yang win-win itu belum tentu yang terbaik, tetapi itu yaang paling optimal saat ini. –> Jadikan dia sebagai ujung tombak menyusunan solusi final pada fase konvergen, setelah semua yang lain di atas bicara. Jangan berikan orang ini bicara di awal rapat / diskusi. Di sisi lain, orang tipe ini akan sering dituduh tak punya pendirian, tidak berprinsip, mencari aman, ingin menyenangkan semua pihak.

So, setiap orang itu fungsinya kan? Yang penting bagaimana put the right person on the right place / moment ..

Tetapi .. hehehehe .. jangan2 kita sering “menuduh orang lain” tanpa kita sadari bahwa kita pun rupanya sering “dituduh” seperti di atas🙂

Ada yang mau menambahkan?

Salam
Riri

5 responses

  1. kalo Mr/Mrs/Ms provokator masuk mana pak, yang pengennya hanya membuat suasana heboh dalam rapat dan orang-orang saling emosional

    1. hahahahaha .. sudah dikoreksi tuh🙂

  2. Bisa jadi kah seseorang memiliki perpaduan lebih dari 1 tipe orang di atas pak?

    1. sangat mungkin Pak Alfid …

      1. Ini ada sedikit komentar dari teman saya yang membaca tulisan bapak: “Dalam pemikiran saya yang sederhana, kompromi dan win-win situation itu jauh berbeda pak. Kompromi akan mengorbankan sebagian dari seluruh pihak, yang justru akhirnya menjadi win-lose bahkan lose-lose situation. Win-win situation mengedepankan hal penting dari setiap pihak dan mengusahakan semuanya bersinergi.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s