UNTUK KPK .. #saveKPK

Beberapa pemikiran saya mengenai upaya-upaya untuk “menyelamatkan” Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI … #saveKPK

01. Rakyat Indonesia melalui parlemen (MPR dan DPR) sudah memiliki kesepakatan politis bahwa pada prinsipnya korupsi adalah suatu kejahatan yang luar biasa (extraordinary crime) dan diperlukan suatu extraordinary organization (yaitu KPK) untuk menjalankan semua extraordinary strategy dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Karena kondisi yang extraordinary ini, maka tentu saja kapasitas, manajemen organisasi, serta nyali yang dimiliki oleh KPK haruslah extraordinary juga.

02. Tingkat korupsi di negara ini memang sudah parah, dan sudah pasti KPK mendapatkan banyak tantangan dalam berbagai bentuk dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tantangan itu bisa berbentuk pelemahan sistematis secara politis melalui reduksi kekuatan dan kewenangan yang dimiliki, juga pelemahan secara birokratis dalam bentuk dipersulit dalam kerjasama dan koordinasi, sampai kepada tekanan-tekanan berbentuk fisik berbentuk teror kepada personelnya, dan sebagainya.

03. Semua elemen bangsa, terutama rakyat Indonesia harus memberikan dukungan kepada KPK dalam berbagai bentuk yang bisa dilakukan, bisa dalam bentuk dukungan aksi nyata, dukungan pemikiran-pemikiran, dukungan moral (dengan menyuarakan opini yang memberi dukungan), dukungan gerakan budaya dan seni yang menggugah, dan juga tentu dengan dukungan doa, agar KPK tetap berdaya dan bernyali sebagai garda depan pemberantasan korupsi di Indonesia dengan penuh tanggung jawab, tidak tebang pilih, dan terbebas dari kepentingan atau tekanan politik manapun.

04. Semua elemen masyarakat harus menolak terhadap setiap upaya-upaya pelemahan KPK melalui jalur formal, seperti revisi ataupun judicial review terhadap regulasi terkait yang bertujuan untuk mempreteli kewenangan dan kemampuan KPK dalam menjalankan tugasnya, karena korupsi memang extraordinary crime, maka KPK pun harus memilik amunisi yang extraordinary.

05. Mendorong KPK supaya memiliki korps penyidik sendiri yang independen. Dengan demikian, KPK mampu menjalankan tugasnya dengan profesional, independen, dan akuntabel. Jika terdapat halangan-halangan regulasi untuk hal ini, maka masyarakat harus mendorong pihak yang terkait (misalnya DPR atau pemerintah) untuk memberikan ruang dengan melakukan revisi terhadap regulasi tersebut. Para penyidik KPK ini harus diberikan kompetensi inti tentang penyidikan kasus-kasus korupsi dan tindak pidana ekonomi lainnya.

06. Untuk tujuan jangka panjang, masyarakat harus mendorong KPK untuk menjalankan fungsi pencegahan korupsi menjadi lebih giat lagi melalui kampanye dan edukasi anti korupsi. KPK juga harus menjadi garda depan mendorong pencegahan korupsi di Indonesia, terutama melalui pendidikan sejak dini. KPK harus mampu menyadarkan masyarakat mengenai apa yang dimaksud dengan korupsi sehingga dipahami dengan baik.

07. KPK pun harus memperkuat manajemen organisasinya sehingga menjadi solid dan menjadi high-performance organization, menjadi organisasi panutan untuk institusi pemerintahan lainnya dengan menjalankan organisasi dengan sistem manajemen kinerja yang baik dan akuntabel dalam mengelola aset dan keuangannya.

08. KPK harus disterilkan dari berbagai kepentingan politik dan bekerja secara independen. Pimpinan KPK haruslah orang-orang yang tidak memiliki kepentingan politik sehingga tidak bisa dikendalikan oleh kepentingan politik apapun. Penegakan hukum tidak boleh dicampur dengan politik. KPK harus dipimpin oleh mereka yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang PENCEGAHAN, PENINDAKAN, dan PENUNTUTAN kasus-kasus korupsi.

09. KPK memang didesain sebagai sebuah superbody, karena tugasnya memang menumpas extraordinary crime yaitu korupsi. Jadi, kewenangan KPK memang sangat besar dengan pengawasan yang sedikit (hanya DPR dan semacam komite etika). Tetapi sesuai dengan teori organisasi, semakin tinggi kewenangan, semakin tinggi pula risiko terhadap penyalahgunaannya. Dengan demikian, KPK harus dipimpin dan diawaki oleh orang-orang yang memiliki moral tinggi dan amanah.

Ada yang mau menambahkan? … #saveKPK

Salam
Riri

2 responses

  1. […] kedua kalinya saya membuat tulisan dengan judul yang mirip. Saya pernah membuat dua tulisan Untuk KPK .. #saveKPK dan Untuk Polri .. #savePolri pada bulan Oktober 2012. Saat itu sedang berlangsung ketegangan […]

  2. […] Gerakan ini berhasil menghimpun masyarakat untuk ikut berpartisipasi memberikan dukungan moral kepada KPK dan juga menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah melalui petisi online yang ditandatangi oleh masyarakat yang jumlahnya ribuan (mungkin juga mencapai ratusan ribu). Ini semua bisa terjadi karena fasilitas social media, dan potensi masyarakat yang selama ini mungkin sangat besar menjadi terbangkitkan untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai keputusan politik pemerintah. Sejalan dengan pemikiran tersebut, saya juga memiliki pemikiran yang sama, silakan baca di sini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s