FORMULE 1 HOTEL : BLUE OCEAN STRATEGY

Saya sering memberikan materi tentang blue ocean strategy, baik di kampus Universitas Indonesia sebagai bagian dari kuliah manajemen statejik, maupun dalam berbagai workshop tentang manajemen stratejik yang saya pandu. Salah satu contoh yang sering saya bahas adalah Formule 1 Hotel yang mampu melepaskan diri dari paradigma tradisional mengenai bisnis perhotelan.

Formule 1 menerapkan blue ocean strategy untuk mengeluarkan dirinya dari persaingan hotel yang klasik dan memperkenalkan konsep budget hotel, yaitu hotel yang memiliki standar yang tinggi untuk kebersihan dan kenyamanan tidur, tetapi bertarif murah, karena banyak komponen yang tidak disediakan, misalnya tidak ada room service, tidak ada restoran, tidak ada laundry service, tidak ada lobby, dan sebagainya. Akibatnya hotel ini mampu memotong berbagai komponen fixed cost dan memberikan tarif murah tetapi nyaman dan bersih. Silakan lihat gambar strategy canvas yang menggambarkan konsep Formule 1 Hotel ini.

Nah, beberapa hari terakhir ini, saya dan tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2) mencoba untuk merasakan hotel yang unik ini, bagaimana sih rasanya? Ya, ternyata seperti yang diuraikan di atas. Bahkan, kita pun harus membawa barang-barang kita sendiri karena tidak ada concierge, tetapi kita bisa menggunakan kereta dorong jika diperlukan.

Oh ya, dalam waktu dekat, Formule 1 Hotel di sini akan berganti nama menjadi Ibis Budget dan tergabung dalam grup Ibis Hotel.

Hanya saja, khusus untuk Formule 1 Hotel di Cikini Jakarta ini, keterbatasan fasilitas itu tak terlalu terasa, terutama soal makanan karena di lantai satu dan dua gedung hotel ini banyak terdapat restoran, cafe, serta minimarket yang berdiri sendiri, dan juga ada kolam renang dan spa yang terpisah dari manajemen hotel. Jadi, suasananya masih menyenangkan.

Anda pernah mencoba hotel ini?

Salam.
Riri

One response

  1. wew…. siapa itu??
    :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s