PRIME MOVER

Akhir-akhir ini saya dan tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2) disibukkan oleh istilah “prime mover“. Apakah maknanya. Definisi yang menarik dari prime mover adalah “any influence upon a social group that leads to a higher degree of societal complexity“, alias kemampuan untuk membawa organisasi atau kelompok masyarakat tertentu untuk mampu mencapai kompleksitas yang lebih tinggi. Prime mover ini harus menjadi inisiator atau mempengaruhi semua unit di dalam organisasi untuk melakukan pembenahan terus-menerus (continuous improvements). Tentu saja ini dimulai dari unit yang menjadi prime mover itu sendiri.

Inilah terobosan baru yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan RI, terutama Sekretariat Jenderal (Setjen), di mana Menteri Keuangan menginginkan agar Setjen menjadi prime mover di lingkungan Kementerian Keuangan RI. Untuk mewujudkan ini, maka pihak Setjen harus mendefinisikan ruang lingkup prime mover ini terlebih dahulu, dan kemudian menyusun semacam roadmap untuk menjadikan Setjen sebagai prime mover. Setidaknya ada dua agenda besar bagi Setjen Kementerian Keuangan RI untuk menjadi prime mover. Pertama, mengadopsi konsep-konsep manajemen mutakhir sesuai dengan perkembangan zaman dan menciptakan suatu sistem manajemen yang modern di semua fungsi. Kedua, harus mampu menginspirasi unit-unit lain untuk bergerak melakukan pembenahan organisasi.

Dalam rangka mewujudkan prime mover ini, maka dua yang ini (17-18/09/2012), saya memandu focus group discussion (FGD) untuk rising ideas dari para pejabat eselon II dan III di lingkungan Setjen mengenai prime mover. Hasil dari FGD akan menjadi draft awal mengenai definisi dan ruang lingkup prime mover di Setjen ini.

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Semoga ini mampu memberikan semacam amunisi untuk perubahan dan rencana besar yang dicanangkan.

Salam
Riri

One response

  1. […] Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan RI. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s