MEMILIH PROPOSAL MAHASISWA

Semester yang lalu, saya memiliki 15 (lima belas) mahasiswa bimbingan karya akhir S2 di Program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (MTI-UI), dan delapan diantara mereka berhasil lulus sidang akhir dan diwisuda sebagai Magister Teknologi Informasi. Sedangkan tujuh orang sisanya masih harus berjuang semester ini untuk menyelesaikan studinya dengan berbagai alasan, terutama alasan ketersediaan waktu (mirip dengan alasan saya yang belum selesai studi S3-nya hehehe).

Menurut aturan di Fakultas Ilmu Komputer UI, seorang dosen hanya diperbolehkan membimbing 15 orang mahasiswa. Pembatasan ini tentu saja sangat masuk akal, karena kalau lebih dari itu maka diperkirakan si dosen akan kelebihan beban kerja (overload) sehingga tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Nah, dengan demikian, saya hanya punya kuota delapan orang untuk mahasiswa bimbingan baru pada semester ini.

Ternyata mahasiswa MTI-UI yang memasukkan proposal ke saya sebanyak 14 orang. Saya akui, proposal mereka memang bagus-bagus, walau ada yang masih perlu pendalaman lebih lanjut. Beberapa orang malahan sudah menulis proposal penelitian yang cukup matang. Tetapi apa boleh buat, berdasarkan aturan yang ada, maka saya harus memilih delapan dari 14 mahasiswa tersebut, dan sisanya harus ditransfer ke dosen yang lain melalui Ketua Program.

Akhirnya, dengan dibantu oleh dua orang asisten saya, Henry Christianto dan Harus Munandar, akhirnya saya memilih delapan dari 14 proposal mahasiswa untuk menjadi kelompok bimbingan saya pada semester ini.

Selamat untuk kawan-kawan mahasiswa, mari kita sama-sama melaksanakan tugas …

Salam
Riri

2 responses

  1. Insyaallah pak, meskipun akan berat juga sambil kuliah.

  2. Siap, pak! Mohon bimbingannya🙂

Tinggalkan Balasan

