BALANCED SCORECARD UNTUK PEJABAT ESELON II KEMENTERIAN KEUANGAN RI

Dua hari kemarin (12 dan 13 September 2012), saya dibantu oleh tim konsultan Value Alignment Advisory (VA2) memberikan seminar sehari mengenai balanced scorecard untuk para pejabat eselon II pada Kementerian Keuangan RI. Seminar ini berlangsung dua batch, di mana batch pertama (12/09) ditujukan untuk para pejabat eselon II di kantor pusat Kementerian Keuangan RI dan batch kedua (14/09) untuk para pejabat eselon II di wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan RI, dalam rangka pembenahan manajemen kinerja kementerian ini terus-menerus.

Seminar balanced scorecard untuk para pejabat eselon II ini berbeda dengan pejabat eselon III, IV, dan staf pelaksana. Mereka adalah para pejabat senior dan berada pada tataran stratejik. Maka materinya pun tidak lagi berupa teknis balanced scorecard, melainkan filosofi dasar, konsep besar, serta posisi balanced scorecard pada kerangka besar manajemen stratejik dan kinerja organisasi. Seminar pun berlangsung dengan interaktif penuh dengan diskusi. Berbagai masalah dan opini pun disampaikan, termasuk diskusi mengenai solusi dan perbaikan ke depan. Begitulah, karena mereka memang berada pada tataran stratejik.

Sampai saat ini, Kementerian Keuangan RI (bersama dengan Bank Indonesia) masih dianggap sebagai “best practice” untuk implementasi balanced scorecard untuk instansi pemerintahan di Indonesia, walaupun masih banyak perlu pembenahan di sana-sini. Umumnya mereka mengakui bahwa balanced scorecard mempermudah mereka untuk menjalankan fungsi manajerial, walaupun dalam implementasinya masih banyak yang perlu diperbaiki.

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Kementerian Keuangan RI.

Salam
Riri

2 responses

  1. […] Saya lebih banyak membahas aspek filosofis dan strategis manajemen kinerja dalam organisasi karena pada tingkat ini mereka tidak mengerjakan aspek teknisnya. Ini hampir sama dengan pembahasan topik sejenis untuk para pejabat eselon II di Kementerian atau Lembaga Negara lainnya (misalnya di Kementerian Keuangan di sini). […]

  2. […] Bank Indonesia – di Komisi Pemberantasan Korupsi RI – di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI – di Kementerian Keuangan RI – di Lembaga Sandi Negara RI – di Gajah Tunggal Group – di PT Perkebunan Nusantara X – di Panen […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s