SELAMAT JALAN PAK SUTJIPTO SLAMET

Orangnya tambun dan besar, wajahnya berkumis tebal, tetapi selalu tersenyum ramah. Itulah sosok Pak Sutjipto Slamet yang biasa dipanggil Pak Tjip. Saya mengenal beliau pada sepenggal perjalanan karir saya, sewaktu bekerja di Lembaga Manajemen PPM pada kurun waktu tahun 1997 sampai 2004.

Pada kurun waktu itu Pak Tjip adalah salah satu redaktur majalah Manajemen yang diterbitkan oleh Lembaga Manajemen PPM. Tetapi dengan alasan tertentu, akhirnya majalah ini sudah tidak terbit lagi sejak beberapa tahun yang lalu. Padahal ini adalah majalah bisnis dan manajemen tertua di Indonesia.

Nah, Pak Tjip banyak membantu saya saat itu, terutama berkaitan dengan berbagai tulisan saya yang dimuat di majalah Manajemen. Beliau banyak memberikan masukan dari sisi redaksional, dan dari sisi substansi beliau tidak pernah mengutak-atik. Majalah Manajemen juga banyak menyelenggarakan forum diskusi manajemen. Pak Tjip sering mengajak saya untuk terlibat aktif dalam forum tersebut, baik sebagai peserta maupun sebagai moderator. Akibatnya, saya sering muncul di majalah Manajemen, dan bisa dikatakan itu termasuk titik awal saya mulai banyak dikenal orang sebagai seorang konsultan manajemen.

Saya resign dari PPM pada tahun 2004, dan setelah itu pun saya pun masih berjumpa dengan beliau karena saya masih bertugas sebagai dosen tamu pada Program Magister Manajemen PPM sampai tahun 2011 yang lalu. Silaturrahmi tetap terjaga walaupun sudah sangat jarang bertemu.

Senin, 10 September 2012 sehabis Maghrib saya menerima kabar kepergianmu Pak Tjip. Innalilahi wa inna ilaihi rojiun. Tuntas sudah tugas di dunia. Selamat jalan Pak Tjip. Doa kami menyertai langkahmu menghadap Sang Pencipta Alam Semesta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s