MERDEKA

Apakah makna dari kata MERDEKA? Menurut saya, orang yang merdeka adalah orang yang berani mengatakan TIDAK kepada sesuatu paksaan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Artinya orang yang merdeka adalah orang yang berani menentukan sikap sesuai dengan apa yang diyakininya. Dalam konteks ini berarti ada dua hal, yaitu KEBERANIAN serta KEYAKINAN. Tetapi makna ini masih bersifat agresif – defensif, sehingga menurut saya belum cukup.

Untuk memperkaya makna MERDEKA, kita perlu melihatnya dari sisi lain, makna MERDEKA menurut saya juga berarti memiliki KEBESARAN JIWA untuk menerima kehidupan yang penuh KEBERAGAMAN, saling menghormati, bahkan membangun sinergi, dan berbuat yang terbaik untuk kehidupan semua umat. Makna kedua ini tidak bisa dipisahkan dengan makna pertama, karena makna kedua ini akan menetralisir makna pertama yang sarat dengan semangat agresif – defensif yang berpotensi menimbulkan konflik. Makna kedua ini akan memberikan suasana kebersamaan dan ketiadaan untuk memaksakan pendapat, dan lebih melihat kepentingan bersama di atas kepentingan sendiri atau kelompok.

Para founding fathers kita, Bung Karno, Bung Hatta, Bung Sjahrir, dan sebagainya sudah menunjukkan kepada kita kedua prinsip di atas. Mereka sudah memiliki jiwa yang merdeka terlebih dahulu, berani mengatakan TIDAK kepada pihak penjajah, dan BERANI memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia atas nama rakyat Indonesia.

Secara pandangan politik, mereka juga tidak selalu sejalan, dan berbagai buku sejarah juga mengatakan bahwa mereka sering berbeda pendapat dalam pandangan politik, tetapi mereka tetap menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan segala-galanya. Perbedaan pandangan politik pun tidak membuat mereka jadi bermusuhan, melainkan tetap bersahabat.

Banyak tauladan yang diwariskan oleh para founding fathers Republik Indonesia ini mengenai makna kemerdekaan. mengikuti keteladanan mereka itu jauh lebih esensial dari pada hal-hal yang sifatnya seremonial. Saya tidak mengatakan seremonial itu tidak perlu, tetapi kita tidak boleh berhenti hanya sebatas seremonial.

Para founding fathers kita memberikan tauladan bahwa MERDEKA itu berarti MEMILIKI KEYAKINAN, BERANI, memiliki KEBESARAN JIWA, dan menempatkan KEPENTINGAN BERSAMA di atas segala-galanya …

Terakhir, makna MERDEKA yang paling hakiki menurut saya adalah, kita mampu membebaskan pikiran kita dari kungkungan negatif (dalam bentuk apapun) dan BERPIKIR POSITIF dan MERDEKA. Konon penjajahan yang terbesar saat ini adalah PIKIRAN YANG TERJAJAH …

Apakah kita sudah merdeka?

Salam Merdeka!!
Riri

2 responses

  1. perlu di ingat juga : kata MERDEKA pada awalnya munumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan kita sebagai bangsa yang kemudian dituangkan dalam pancasila

    1. setuju sekali Mas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s