LAPANGAN KERJA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI

Tadi siang (14/08/2012) saya mengisi acara sharing session kepada para mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom-UI).

Panitia meminta saya untuk membahas mengenai bagaimana prospek lapangan kerja untuk lulusan Fasilkom-UI (yang tentunya saya terjemahkan menjadi prospek lapangan kerja para profesional teknologi informasi secara umum).

Seperti biasa, kembali ke kampus Fasilkom-UI di Depok selalu membawa saya kepada kenangan masa lalu, saat saya masih berstatus mahasiswa di kampus ini pada kurun waktu 1988 – 1994. Walaupun saya juga mengajar di Fasilkom-UI, tetapi penugasan saya adalah di program Magister Teknologi Informasi (MTI) di kampus UI Salemba. Dengan demikian saya sering ke kampus UI Salemba, tetapi tidak ke kampus Depok.

Saat ini ada sekitar 300 mahasiswa baru yang diterima di Fasilkom-UI, yang terdiri dari dua jurusan, yaitu Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Bandingkan dengan masa saya kuliah dulu, kami hanya 35 orang satu angkatan atau sepersepuluh jumlah mahasiswa angkatan tahun ini.

Dulu fasilitas pun masih seadanya, dan saat ini fasilitas pun semakin lengkap dan canggih. Syukurlah, berarti kapasitas daya tampung Fasilkom-UI semakin bertambah dan tentu saja diharapkan mampu menghasilkan profesional TI lebih banyak lagi untuk negara ini.

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa setidaknya ada enam ranah pekerjaan yang bisa dimasuki oleh para alumni Fasilkom-UI atau profesional TI pada umumnya, yaitu : akademik (menjadi tenaga akademik di berbagai universitas atau peneliti di lembaga penelitian untuk mengembangkan keilmuan), developer (mengembangkan teknologi baru untuk tujuan komersial seperti yang dilakukan Microsoft, Apple, SAP, Facebook, dan sebagainya), customizer (mengimplementasikan teknologi yang ada supaya bisa memberikan nilai tambah yang optimal untuk organisasi, dan ini adalah para pekerjaan konsultan seperti di KPMG, Pricewaterhouse Coopers, Accenture, dan sebagainya), juga ada sebagai vendor (distributor produk-produk TI, seperti Berca Hardayaperkasa), lalu sebagai user (perusahaan pengguna TI untuk menunjang bisnisnya seperti perbankan, manufaktur, penerbangan, minyak dan gas, termasuk instansi pemerintahan), serta profesi lainnya (misalnya menjadi jurnalis bidang TI).

Sedangkan dari sisi bentuk pekerjaan, maka lapangan kerja itu bisa dikategorikan atas lima bentuk, yaitu : pegawai pemerintahan atau birokrasi (termasuk TNI dan Polri), lalu pegawai korporat, baik swasta (termasuk multinasional) maupun BUMN, kemudian pegawai lain-lain seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM), lembaga internasional (misalnya PBB), dan yang paling banyak mendapatkan tanggapan diskusi adalah menjadi wirausaha atau entrepreneur, dan terakhir sebagai pekerja profesional mandiri independen (profesional ahli yang tidak terikat dengan organisasi manapun).

Pada bagian akhir, saya menyampaikan makna belajar, yang lebih berisikan pesan-pesan kepada adik-adik saya para mahasiswa baru di Fasilkom-UI.

Apakah yang dimaksud dengan belajar? Menurut saya, belajar itu tidak hanya membaca buku di bidang keilmuan kita lalu tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Belajar adalah suatu proses yang komprehensif, menambah pengetahuan, membentuk keahlian, dan juga mengembangkan kemampuan diri pribadi dan bersosialisasi. Belajar juga berarti membentuk kepribadian dan jati diri. Begitu luas makna belajar. Semua itu akan memberikan manfaat nantinya saat kita sudah menapaki karir di dunia profesionals etelah lulus kuliah.

Selamat datang di kampus Fasilkom-UI adik-adikku mahasiswa baru, selamat belajar, dan salam sukses selalu ..

Salam
Riri Satria

5 responses

  1. selamat mlam pak , kalau teknologi informasi unud gmana ya ? … mohon info

    1. wah .. saya gak punya info …

  2. Selamat malam pak Riri Satria, saya ingin bertanya sesuatu. Saya siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi dan pilihan saya sementara ini adalah jurusan Teknologi Informasi di UGM. Saya ingin minta pendapat Anda, karena jurusan tersebut masih tergolong baru(berdiri tahun 2010). Terima kasih

    1. sebuah pilihan yang bagus .. UGM adalah salah satu kampus yang sudah sangat mapan dalam ilmu komputer dan teknologi informasi .. go for it! .. good luck ..

Tinggalkan Balasan

