ONCE A BLOGGER, ALWAYS A BLOGGER

Dunia media sosial (dulu dikenal dengan istilah dunia per-blog-an) di Indonesia memang sudah lama dimulai, bahkan dimulai sejak blog itu muncul di internet. Kemudian muncul ide untuk membuat semacam acara gathering alias kopi darat untuk para blogger, dan pada tahun 2007 diselenggarakan Pesta Blogger pertama di Jakarta dan dihadiri oleh ratusan blogger. Saya hadir pada acara perhelatan blogger perdana itu, dan itulah pertama kalinya saya bertemu dan berkenalan dengan para penggiat blog, setelah sebelumnya hanya berkenalan lewat berbagi tulisan dan pendapat di internet.

Sekarang, setelah lima tahun berlalu sejak Pesta Blogger pertama itu, apakah para blogger itu masih setia nge-blog? Jawabnya, masih! Walaupun banyak juga yang sudah tidak aktif lagi. Saya pun tidak terlalu konsisten nge-blog, karena hanya menjadi hobbi, tidak begitu terkait dengan profesi.

Berikut ini adalah mereka yang sudah saya kenal sejak Pesta Blogger pertama dan sampai hari ini mereka masih nge-blog. Beberapa diantaranya menjadi tokoh yang terkenal di dunia media sosial saat ini. Saya yakin, pasti ada nama-nama lain, tetapi nama-nama berikut inilah yang saya kenal.

Siapa sajakah mereka?

Enda Nasution – salah satu tokoh perintis blog Indonesia.
Budiputra – kenal sejak masih di Padang, juga salah satu tokoh perintis blog Indonesia.
Emanuel Setio Dewo – ini yang ngajarin saya nge-blog.
Yodhia Antariksa – setia dengan blog strategi dan manajemen.
Enny D. Ratna – blogger senior yang terus berbagi wisdom.
Si Mbok Venus – tokoh di balik ngerumpi.com.
Unspun – nulis pakai Bahasa Inggris melulu.
Ndoro Kakung – jurnalis dengan gaya bahasa yang hebat.
Jonru Ginting – mengajarkan menulis online.
Anjar Priandoyo – nulis apa saja, pokoknya nulis …
Romi Satria Wahono – entrepreneur dan dosen teknologi informasi.
Budi Rahadjo – dosen teknik elektro dan teknologi informasi ITB.
Pakde Rovicky – nge-blog tentang geologi dan sejenisnya.
Amril T. Gobel – nulis apa saja, kayaknya kalau gak nge-blog, dia sakit ..
Priyadi – orangnya dulu sangat pendiam, beritanya sempat stop nge-blog ..

Once a blogger, always a blogger …

(keterangan foto: suasana Pesta Blogger pertama tahun 2007 di Blitz Megaplex Grand Indonesia Jakarta)

8 responses

  1. […] setelah lima tahun berlalu, bagaimana perkembangannya. Masih banyak sih kita temui para blogger yang masih exist sampai saat ini. Tetapi acara Pesta Blogger sudah tidak ada lagi, dan tahun ini hadir Social Media Festival 2012, […]

  2. Jiahh kereen..
    Kenapa gak dari dulu-dulu ya saya ngeblog, tapi untunglah saya sudah pernah datang ke Pesta Blogger tahun 2010 dan On Off 2011 di Epicentrum.. dan acaranya seru banget, sayang yang On Off 2011 gak seramai pas Pesta Blogger 2010..
    semoga untuk Pesta Blogger (apa On Off ya namanya) Oktober 2012 besok, lebih ramai dari tahun sebelumnya..

  3. Wah, kenangan yang tak terlupakan. Terima kasih banyak Mas Riri🙂

    1. sama-sama Bos … eh, terakhir kita ketemu di PestaBlogger di Rasuna ya?

  4. Terimakasih banyak ya bang Riza. Memang, saya termasuk mengidap penyakit blogdisease akut, kalo gak ngeblog, langsung sakit…hehehe

    1. hahaha .. sama-sama Daeng Amril .. btw, saya Riri Satria, bukan Riri Riza lho🙂

  5. blog ’til you drop? hihihi…

    1. hahahaha .. setuju Mbok .. but i am not as consistent as you and other friends🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s