PASAR TERAPUNG DI SUNGAI BARITO

Kemarin pagi (senin, 05/03/2012) saya dan keluarga mendapatkan pengalaman baru, yaitu belanja di pasar terapung di sungai Barito di Banjarmasin. Pasar terapung ini selalu aktif pagi-pagi setelah subuh (sekitar jam 5.30) dan berakhir begitu matahari terbit. Pasar terapung ini adalah budaya tradisional masyarakat sungai di Banjarmasin, dan sudah menjadi tradisi sejak lama berabad yang lalu. Masyarakat berdatangan membawa barang dagangan dengan menggunakan sampan atau perahu kecil. Umumnya mereka membawa buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain seperti berbagai peralatan rumah sederhana. Pada dulunya transaksi di sini dilakukan dengan sistem barter, yaitu bertukar barang dagangan. Pada saat ini, tradisi barter tersebut masih ada.

Sekarang, tradisi pasar terapung masih berlanjut dan bahkan sudah menjadi ajang pariwisata di Banjarmasin. Kita juga bisa menjumpai warung kopi terapung, yaitu sebuah kapal kecil yang khusus menyediakan makanan seperti soto, serta minuman seperti kopi. Menarik juga🙂

Isteri saya, Iid mencoba untuk belanja di sini. Dia mencoba untuk membeli rambutan dan pisang. Biasanya Iid sangat jago dalam menawar harga, tapi kali ini dia tidak berkutik, karena memang tidak paham bahasa para pedagang .. hahaha ..

Untuk mengunjungi pasar terapung, kita harus berangkat pagi-pagi sekali, sekitar jam 5 pagi dari pusat kota Banjarmasin. Cukup banyak tersedia kapal-kapal kecil yang biasa dipakai para wisatawan di sana. Biasanya setelah mengunjungi pasar terapung, para wisatawan menuju resto soto banjar Bang Amat yang terkenal di sana untuk sarapan pagi. Resto ini terletak di persimpangan sungai Alalak dengan sungai Martapura ..

Jika anda ke Banjarmasin, maka anda harus mencoba pengalaman ini .. walaupun harus bangun pagi-pagi sekali …

Salam
Riri Satria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s