ANAK DAN KREATIVITAS

Wah, sudah lama saya tidak menulis di blog ini .. hehehe .. Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai anak🙂

Dua hari yang lalu, saya lihat anak cantikku Nadya (8 thn) duduk melamun di ruang tamu, lalu saya tegur, “Sedang apa, sayang?” .. Eh, dia tidak menjawab alias diam saja sambil matanya seakan menerawang .. Loh, kok Nadya begitu ya? Saya pun bertanya-tanya, ada yang salah kali ya? Atau ada apa nih?

Tiba-tiba dia berlari ke ke kamarnya dan sambil membawa peralatan gambarnya dia menuju ke ruang kerja saya. Lalu saya lihat dari kejauhan, ngapain dia ya? .. Kelihatannya sedang menggambar sesuatu ..

Tak lama kemudian gambarnya selesai. Rupanya dia membuat sebuah pesan mengenai lingkungan hidup. Isinya adalah agar kita tidak menggunakan plastik, karena plastik itu mencemari lingkungan, merusak tanah, dan lama hancurnya. Rupanya dia membaca di majalah tentang plastik ini. Pesan tersebut dia gambarkan pesan itu dalam bentuk kartun, ada bumi yang sedang menangis dan ada tulisan di sampingnya. Saya terkesan, dan gambar itu saya foto dan upload ke FB.

Ada yang menjadi pelajaran buat saya sebagai orang tua. Rupanya kita memang harus paham karakter si anak. Tadi sewaktu saya tegur dan dia tidak menjawab, besar kemungkinan dia sedang mencari inspirasi atau ada ide yang sedang muncul di pikirannya sehingga pikirannya sedang mengolah ide atau kreativitas itu. Dia sedang fokus dengan pikirannya sehingga tidak mengetahui kehadiran atau sapaan kita kepadanya.

Sebagai orang tua, kita memang tidak boleh cepat2 memberikan “label” kepada anak. Jika ditegur lalu dia tidak menjawab, belum tentu dia sombong, acuh tak acuh, tidak mau mendengar, atau sederet label negatif lainnya .. Bisa jadi, ada suatu kreativitas dahsyat sedang muncul dalam diri si anak🙂

Salam
Riri

One response

  1. Bakat kreatif anak pasti menurun dari bapak dan ibunya yang kreatif. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

