BALANCED SCORECARD – PTPN X (2)

Untuk kedua kalinya kami tim gabungan bersama Program Pascasarjana Manajemen Bisnis – Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan workshop tentang balanced scorecard untuk PT. Perkebunan Nusantara X (PTPN X), berlokasi di Hotel Royal Trawas di Trawas – Jawa Timur pada tanggal 26 – 27 Juli 2011 yang lalu. Materi yang diberikan sama dengan kegiatan yang pertama dulu, dengan fasilitator yang sama, yaitu Pak Arief Daryanto dan saya. Kali ini kami didampingi oleh 4 (empat) orang asisten fasilitator, yaitu 2 (dua) dari IPB (Mas Dudi Hendrawan serta Mas Suhendi) serta 2 (dua) dari People Performance Consulting (Henry Christianto dan Rakhmat Robbi).

Workshop ini memang sarat dengan latihan. Setidaknya para peserta latihan sebanyak 3 (tiga) kali, yaitu menyusun peta strategi (strategy maps), menyusun indikator kinerja utama (key performance indicators atau KPI), serta menyusun insiatif stratejik atau program kerja.

Workshop berlangsung dengan suasana santai namun para peserta sangat serius dalam mengikutinya, terutama saat mengerjakan latihan. Banyak pertanyaan yang diajukan dan diskusi pun berlangsung dengan semarak. Peranan asisten fasilitator kali ini sangat dominan, karena diskusi kelompok dilakukan sangat intensif, dan setiap kelompok dibantu oleh satu asisten fasilitator. Sementara saya dan Pak Arief lebih banyak memandu secara keseluruhan dari depan kelas.

Harapan kami tetap, yaitu mudah-mudahan dengan menerapkan balanced scorecard, PTPN X bisa menjadi perusahaan agribisnis yang terkemuka dengan mutu produk kelas dunia, dan mampu bersaing secara global … semoga ..

Salam
Riri Satria

3 responses

  1. […] RI – di Kementerian Keuangan RI – di Lembaga Sandi Negara RI – di Gajah Tunggal Group – di PT Perkebunan Nusantara X – di Panen Lestari Internusa / Sogo – di PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) – di Asuransi Jiwa […]

  2. gerilyansyah basrindu | Balas

    Pa Riri Satria,

    Kami tertarik untuk belajar implementasi BSC, dimana dengan diselenggarakannya Workshop Balanced Scorecard untuk PTPN X ( pertama tahun 2010, dan kedua tahun 2011), namun belum digambarkan perkembangan apa yang telah dicapai PTPN X setelah workshop yang pertama.

    Mengapa penyelenggaraan Workshop yang kedua dilakukan dengan materi kegiatan dan fasilitator yang sama ? Mohon penjelasannya.

    Gerilyansyah

    1. Halo Pak, terima kasih atas komentarnya,

      materi yang hampir sama, fasilitator yang hampir sama, tetapi untuk peserta yang berbeda .. kalau yang pertama adalah manajemen tingkat atas, sementara yang kedua adalah manajemen menengah … tujuan workshop lebih kepada peningkatan pemahaman mengenai balanced scorecard🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s