LEARNING ORGANIZATION

Tadi pagi sampai siang (2 Juli 2011) saya mengisi sesi kuliah Learning Organization pada program Magister Manajemen Eksekutif di PPM School of Management. Materi kuliahnya masih sama dengan kelas terdahulu, dan dapat dilihat di sini.

Sebelum kuliah, saya mengajak mahasiswa untuk mendiskusikan buku “No More Consultant” yang menarik sekaligus kontroversi. Ulasan saya mengenai buku tersebut dapat dilihat di sini, bahkan ulasan saya juga dikomentari oleh si penulis buku tersebut.

Proses belajar di kelas tersebut sangat menyenangkan. Diskusi dengan para mahasiswa berlangsung dengan serius tapi santai. Bahkan beberapa pertanyaan sangat challenging buat saya, sehingga saya harus berpikir keras untuk membahas pertanyaan-pertanyaan seperti itu dari para mahasiswa.

Untuk memberikan contoh atau pembanding, saya memutar film “Learning After Doing” yang juga dipergunakan pada kuliah yang sama di MBA program Harvard Busines School, yaitu bagaimana US Army menjalankan konsep learning organization (yang mereka sebut dengan istilah AAR atau after action review) sehingga menjadikan mereka sebagai organisasi militer yang unggul.

Intinya, pada sesi itu saya mengajak mahasiswa mengeksplorasi kerangka learning organization yang dipopulerkan oleh Peter Senge melalui bukunya “The Fifth Discipline“.

Apakah konsep learning organization juga menarik buat Anda?

One response

  1. […] Magister Manajemen E-51. Saya pernah ditugaskan untuk mengasuh kuliah yang sama tahun 2010 dan 2011 yang lalu. Topik yang diberikan pun hampir sama, hanya ada penambahan dan pengayaan di sana-sini […]

Tinggalkan Balasan

