MENGAPA SEBUAH NEGARA DISEGANI?

Mengapa banyak negara kok kelihatannya tidak segan kepada negara Republik Indonesia ini ya? TKI kita di luar negeri mengalami banyak perlakukan tidak menyenangkan alias kasar, lalu negara tetangga pun tidak segan untuk memprovokasi batas-batas darat dan laut yang masih dalam sengketa seperti kasus blok Ambalat dengan Malaysia. Ruang udara di atas pulau Batam pun dikendalikan oleh otoritas udara negara Singapura. Beberapa pemberitaan menunjukkan bahwa beberapa kali pesawat tempur negara asing dengan bebas terbang di wilayah udara Indonesia. Kemudian RRC semakin semena-mena di Laut Cina Selatan. Apakah betul kita ini sebuah negara yang tidak disegani? Kalau begitu, apa yang membuat sebuah negara disegani oleh negara lain?

Oke, kita ambil sampel beberapa negara yang disegani di dunia ini. Makna disegani adalah, negara tersebut tidak mudah ditekan oleh negara lain, dan berani untuk menentukan sikap terhadap negara lain. untuk itu, kita ambil sampel AS, lalu di Eropa kita ambil Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, kemudian di Asia adalah RRC dan Jepang, kemudian ditambah dengan Australia.

Menurut saya, ada 3 (tiga) faktor yang membuat mereka disegani, yaitu (1) kemampuan ekonomi, (2) kemampuan teknologi, serta (3) kemampuan militer. Dengan kemampuan ekonomi yang tinggi, sebuah negara tidak perlu bergantung kepada negara lain karena mereka memiliki daya tawar secara ekonomi. begitu juga dengan kemampuan teknologi, mereka bisa menggunakan teknologi untuk kesejahteraan rakyatnya, harga teknologi menjadi murah dan berbagai lapisan masyarakat bisa mengaksesnya dengan murah, ujung-ujungnya juga ke ekonomi barangkali. Terakhir adalah kemampuan militer. Teori militer mengatakan bahwa kekuatan militer adalah tindak lanjut dari kekuatan politik. Jadi jika sebuah negara ingin memaksakan suatu sistem politik ke negara lain, maka dia akan menggunakan kekuatan militer sebagai penggertak di balik layar.

Mari kita lihat AS, di mana mereka memiliki ketiganya, dan tidak ada negara yang berani menekan AS, dan kalaupun ingin melawan, dilakukan dengan strategi gerilya atau teror. Kemudian RRC, tidak ada yang berani menekan RRC, dan bahkan negara yang tadinya mengakui Taiwan sebagai sebuah negara juga akhirnya menjadi tidak mendukung karena ditekan RRC. Jepang dan Rusia mungkin berada pada lapisan kedua. Jepang memiliki kekuatan ekonomi dan teknologi, tetapi kekuatan militernya tidak sehebat AS dan RRC. Di sisi lain, Rusia memiliki kekuatan militer yang tinggi, tetapi kekuatan ekonominya tidak sehebat AS, RRC, ataupun Jepang. Negara-negara Eropa Barat (kecuali Inggris) dan Australia pun saya masukkan kepada kategori lapis kedua, tetapi mereka memiliki kekuatan yang relatif merata di bidang ekonomi, teknologi, maupun militer, hanya tidak sehebat AS ataupun RRC. Saya mengkategorikan Inggris sejajar dengan AS dan RRC.

Mengapa Singapura dan Malaysia berani berhadapan dengan Indonesia? Misalnya, Singapura berani untuk tidak mengekstradisi para penjahat ekonomi Indonesia yang lari ke sana. Kemudian Malaysia berani memprovokasi Indonesia mengenai perbatasan. Menurut saya, jawabannya adalah karena ketiga faktor kekuatan tadi yang dimiliki Indonesia lebih rendah daripada yang dimiliki Malaysia dan Singapura. Kekuatan militer Malaysia dan Singapura (tidak dilihat dari jumlah personel, melainkan peralatan tempurnya) jauh lebih hebat daripada Indonesia, termasuk jumlah mesin perang seperti tank, pesawat tempur, kapal perang, dan sebagainya. Demikian pula dengan teknologi, apalagi ekonomi.

Jadi memang, jika ingin menjadi bangsa yang disegani, maka Indonesia harus mampu membangun kekuatan ekonomi, teknologi, dan militer … Bagaimana pendapat Anda?

Salam
Riri

2 responses

  1. Ekonomi dan militer is a must. Tapi khusus utk indonesia, ada 2 PR lagi, yaitu buat semua warga punya common goal percaya sama pemerintahnya. kemudian, buat prestasi agar bisa menghilangkan complex inferiority, penyakit minder yg menyebabkan orang indonesia merasa kalau bangsa asing itu lebih tinggi derajatnya dari sesama bangsa indonesia.

    1. Setuju Mad … inferior complex adalah sesuatu yang harus diperangi .. masalahnya perang ini berlangsung di dalam diri orang per orang .. inferior complex tidak sama dengan rendah hati .. rendah hati adalah suatu sikap bijaksana, sedangkan inferior complex adalah rendah diri alias merasa diri lebih rendah dari orang lain .. terima kasiha tas komennya Mad ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s