MASIH TENTANG PENDIDIKAN : LINK AND MATCH

(Opini saya tentang konsep link and match pada dunia pendidikan, dimuat di Majalah SWA 09/XXVII/28 April – 11 Mei 2011, pada rubrik SWA-Plus tentang Pendidikan, halaman 80 – 84).

Menurut Riri Satria, Direktur Consulting People Performance Consulting, suatu hal yang tidak mungkin bila lulusan PT (Perguruan Tinggi) siap 100% kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Alasannya, setiap perusahaan itu unik dan tidak ada yang persis sama mulai dari aspek strategi bisnisnya, struktur organisasinya, sistem dan prosedur kerjanya, budaya organisasinya, bahkan sampai sistem nilai perusahananya. Buat Riri, yang ideal sebuah PT mampu memberikan kompetensi yang sifatnya umum, mulai dari aspek teori sampai teknis (termasuk praktik menggunakannya), sedangkan perusahaan berkewajiban memberikan pelatihan kepada lulusan tersebut terkair kekhasan perusahaan.

[tentang lulusan S1 dan S2 lokal atau luar negeri] Riri menilai lulusan luar negeri memiliki keunggulan kepada penguasaan Bahasa Inggris yang jauh lebih baik. Selain itu, lulusan luar negeri mempunyai kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi lebih baik dibanding lulusan dalam negeri sehingga ecara keseluruhan mereka tampak lebih profesional dan berani. “Mereka memiliki wawasan global yang kuat sehingga mudah menyesuaikan diri,” ujar Riri. Adapun lulusan lokal, ia melihat, biasanya unggul pada sisi pemahaman kondisi lokal dan cenderung loyal pada perusahaan.

Menurut Riri, perusahaan memang harus melakukan investasi pada SDM untuk mendapatkan SDM yang unggul, yaitu dengan memadukan kompetensi yang generik di bidangnya dengan kompetensi yang spesifik dibutuhkan perusahaan. Ia menilai, pada zaman ini, salah besar kalau ada perusahaan yang masih menganggap pengembangan SDM sebagai biaya atau beban, karena sesungguhnya itu juga sebuah investasi. “Inilah esensi sesungguhnya dari konsep human capital,” dia menegaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s