BALANCED SCORECARD FACILITATOR AND INTERNAL CONSULTANT SKILLS TRAINING

Selama 2 (dua) hari, saya dan tim People Performance Consulting mendapatkan kepercayaan untuk memandu “Balanced Scorecard Facilitator and Internal Consultant Skills Training” untuk Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI. Pelatihan ini bukanlah pelatihan mengenai balanced scorecard ataupun hal-hal teknis berkaitan dengan balanced scorecard, melainkan pelatihan untuk memberikan kompetensi sebagai fasilitator dan konsultan internal balanced scorecard. Dengan demikian, pesertanya adalah karyawan Ditjen Bea dan Cukai yang terpilih untuk diberi tugas sebagai fasilitator dan konsultan internal balanced scorecard nantinya di Ditjen Bea dan Cukai sampai dengan implementasinya di kantor-kantor vertikal di berbagai wilayah di Indonesia.

Penekanan pelatihan diberikan kepada kemampuan untuk memberikan training balanced scorecard di depan kelas, kemudian kemampuan untuk melakukan coaching atau pembimbingan untuk menyusun balanced scorecard. Kedua kemampuan ini kami berikan meliputi konsep serta latihan praktik di depan kelas.

Materi pelatihan dimulai dengan overview mengenai balanced scorecard itu sendiri dengan penekanan kepada penyusunan KPI (key performance indicator) serta teknik melakukan cascading atau vertical alignment. Kemudian dilanjutkan dengan konsep konsultan internal, teknik melakukan training serta coaching, lalu latihan menyusun skenario pelatihan dalam bentuk tutorial notes, latihan training dan coaching, serta diakhir dengan konsep personal scorecard.

Ini adalah untuk kedua kalinya kami memberikan “Balanced Scorecard Facilitator and Internal Consultant Skills Training” ini untuk Kementerian Keuangan RI, setelah pada tahun 2010 yang lalu diberikan untuk tim balanced scorecard di Pushaka (Pusat Harmoninasi Kebijakan) Kementerian Keuangan RI. Pushaka sendiri saat ini ditunjuk sebagai SMO (strategy management office) untuk mengkoordinasikan implementasi balanced scorecard di seluruh lingkungan Kementerian Keuangan RI.

Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan …

Salam
Riri Satria

2 responses

  1. Pak Riri, mungkin kapan2 bisa membahas tentang HR Scorecard.. trims

    1. dengan senang hati Mas Sigit🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s