SOCIAL MEDIA DAN SAYA

Definisi social media menurut Wikipedia :

Social media are media for social interaction, using highly accessible and scalable communication techniques. Social media is the use of web-based and mobile technologies to turn communication into interactive dialogue …. a group of Internet-based applications that build on the ideological and technological foundations of Web 2.0, which allows the creation and exchange of user-generated content.

Social media yang pertama kali saya gunakan adalah aplikasi untuk blogging, yaitu WordPress, serta Friendster. Waktu itu (tahun 2006) WordPress dan Friendster masih versi awal dan fitur yang tersedia pun sangat sedikit. Pilihan tema untuk tampilan WordPress pun sangat terbatas.

Aktivitas blogging pun terasa menyenangkan walaupun fiturnya tidak banyak. Dalam perjalanannya, ternyata Friendster pun membuka fitur blog, yang rupanya menggunakan platform WordPress. Mengapa saya menggunakan WordPress? Alasannya sederhana, karena memakainya mudah, dan saya merasa WordPress lebih user-friendly daripada Blogger. Lalu untuk chatting, saya memilih Yahoo! Messenger, yang juga saya pergunakan sampai sekarang dengan account ririsatria_ym.

Pada tahun 2008 saya juga menggunakan Facebook dan Twitter dan tak lama kemudian, muncul Linked-In. Rupanya saya lebih jatuh cinta kepada Facebook sehingga saya mulai mengabaikan Friendster. Facebook memiliki fitur yang lebih banyak daripada Friendster, sekaligus lebih user-friendly. Tetapi menurut saya, Friendster lebih menjaga privacy ketimbang Facebook (belakangan baru Facebook meningkatkan fasilitas untuk menjaga privacy tersebut).

Sementara itu Linked-In saya pergunakan hanya untuk menampilkan informasi dan jarang saya utak-atik. Sejak tahun 2008, maka aktivitas saya lebih banyak menggunakan Facebook dan tentu saja WordPress sebagai platform untuk blogging, serta Twitter. Saya juga mendapati bahwa ternyata banyak sekali teman-teman yang tadinya ada di Friendster ternyata juga pindah ke Facebook. Karena Facebook juga punya fasilitas chat, maka aktivitas chat-pun mulai bergeser ke Facebook walaupun Yahoo! Messenger tetap dipergunakan.

Sedangkan Twitter lebih banyak saya gunakan untuk menyebarkan informasi tentang isi blog saya di WordPress serta opini-opini singkat menemani status update di Facebook saya.

Pada tahun 2009 saya mulai ikut menggunakan location-based social media, yaitu Foursquare. Tetapi penggunaan Foursquare ini belumlah intensif, masih hanya sekedar main-main. Berbeda dengan penggunaan Facebook dan WordPress yang saya tujuan untuk personal branding, sehingga saya menggunakannya lebih intensif dan lebih punya pola.

Apakah manfaat yang saya peroleh? Ternyata social media memberikan manfaat banyak kepada saya pribadi, baik yang sifatnya intangible return berupa penambahan wawasan yang baru serta penajaman pemikiran karena didiskusikan dengan orang lain, dan tentu saja tangible return atau manfaat finansial, di mana ternyata social media sudah menjadi salah satu marketing tools buat saya di dunia konsultasi dan akademik.

Nah, bagaimana dengan anda?

Salam
Riri Satria

NB : baru saja saya sign-up pada SkillPages, sebuah aplikasi social media yang berbasis kompetensi (skills) atau keahlian. Saya masih dalam tahap coba-coba, jadi belum tahu betul secara persis isinya.

2 responses

  1. saya sedang mencari ulasan ttg Skilpages di google, en saya menemukan blog anda ini. saya tadinya sedang mencari info apa itu skillpages. saya liat, anda posting tulisan di atas bulan feb 2011. kalo boleh tau, apakah anda sudah menemukan keasikan web itu? Mohon pencerahannya.🙂
    Btw, blog anda kerennn.
    salam kenal dari saya…🙂

    1. jujur saya … belum sepenuhnya saya explore .. jadi belum terasa manfaatnya … salam kenal juga😀 .. terima kasih atas kunjungannya ..

Tinggalkan Balasan

